Sabtu, 25 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Gresik
Siswa SMAMSATU Raih Prestasi di TIMO 2019

Didukung Sekolah, Luqman Firmansyah Sukses Bersaing dengan 15 Negara

09 April 2019, 21: 56: 06 WIB | editor : Wijayanto

KEBANGGAAN: Siswa SMA Muhammadiyah 1 Gresik (SMAMSATU) Luqman Firmansyah mendapat bunga dari Koordinator Kurikulum Syaifuddin Aslam dan teman-temannya

KEBANGGAAN: Siswa SMA Muhammadiyah 1 Gresik (SMAMSATU) Luqman Firmansyah mendapat bunga dari Koordinator Kurikulum Syaifuddin Aslam dan teman-temannya setelah pulang dari Thailand International Mathematics Olympiad (TIMO), Selasa (9/4). (MASFARDIAN/RADAR GRESIK)

Share this      

Siswa XI MIPA ICP SMA Muhammadiyah 1 (SMAMSATU) Gresik, Luqman Firmansyah, berhasil meraih medali perunggu dalam Thailand International Mathematics Olympiad (TIMO) 2019. Luqman berhasil mengharumkan Indonesia setelah mengalahkan ribuan peserta dari 15 negara di Headstart International School Phuket, Thailand, Jumat-Senin (5-8/4/19).

Masfardian-Wartawan Radar Gresik 

SEJAK pagi, ratusan siswa dan guru SMAMSATU sedang menunggu kehadiran Luqman Firmansyah di halaman sekolah. Sekitar pukul 15.35, Luqman datang dari Bandara Juanda Surabaya. Ia langsung disambut oleh guru dan teman temannya.

“Terimakasih,” kata Luqman saat menerima bucket bunga dari teman dan gurunya. 

Perjuangan Luqman untuk meraih prestasi membanggakan tingkat dunia itu tidaklah mudah. Berbagai olimpiade pernah ia menangkan. Salah satunya, Olimpiade Ahmad Dahlan di Lampung pada 2017 lalu.   

“Alhamdulillah targetnya mendapat juara tercapai. Saya sangat bahagia dan bersyukur," ujarnya. Ia berhasil mengalahkan ribuan peserta dari 15 negara, seperti Hongkong, Thailand, Malaysia, Australia, Ukraina, Kazakhstan, Singapura, Vietnam, Bulgaria, Filipina, Kamboja, Iran, Kyrgystan, India, dan Indonesia.

Dalam perlombaan TIMO 2019, sebenarnya ada tiga siswa yang mewakili Indonesia, namun Luqman saja yang berhasil meraih prestasi. “Kuncinya, rajin belajar, beribadah dan berdoa,” ungkapnya. 

Guru pendamping, Akhmad Akmal Rifqi mengatakan 4 April sudah berada di Thailand. "Semua soal esay  Matematika dalam bahasa Mandarin dan Inggris. Hari ketigam selesai dan kami diajak keliling pulau menikmati wisata Thailand”, kata Rifqi.

Humas SMAMSATU, Dewi Musdalifah menambahkan sekolah terus mendukung prestasi siswa. “Luqman salah satu contohnya. Dia murid berprestasi sejak awal masuk kami beri keringanan administrasi”, ungkapnya.

Selain Luqman juga masih banyak siswa berprestasi di SMAMSATU.  “Banyak siswa lain yang berprestasi hingga diterima di PTN, kebanyakan mereka berasal dari keluarga yang kurang mampu”, tambahnya. (*/han)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia