Sabtu, 07 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Sidoarjo

Razia Lapas Sidoarjo, Temukan 20 Barang Ilegal di Kamar Napi

06 April 2019, 16: 00: 59 WIB | editor : Wijayanto

PERIKSA: Petugas lapas Sidoarjo sedang melakukan penggeledahan di kamar napi.

PERIKSA: Petugas lapas Sidoarjo sedang melakukan penggeledahan di kamar napi. (ISTIMEWA)

Share this      

SIDOARJO - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Sidoarjo terus bergerak menertibkan para narapidana. Salah satunya dengan menggelar razia di seluruh kamar napi, Kamis (4/4) malam. Hasilnya, 20 lebih barang ilegal berhasil disita.

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Sidoarjo Tristianto Adi Wibowo menceritakan, pihaknya mengerahkan sebanyak 16 petugas dalam razia mendadak tersebut. Selepas apel, satu persatu kamar napi digeledah bergantian. Penggeledahan badan pun juga dilakukan kepada para napi penghuni kamar yang didatangi petugas.

Upaya tersebut pun membuahkan hasil. Ada lebih dari 20 barang ilegal berhasil ditemukan petugas dari kamar 12b dan 14b. Rinciannya, ada 9 sendok logam, 8 pisau cutter, 1 gunting rambut, 2 korek api, serta kartu remi dan ikat pinggang. “Selain pemeliharaan rutin, razia juga dilakukan untuk mengantisipasi barang ilegal terlebih handphone dan narkotika,” sebut Adi Wibowo, Jumat (5/4).

Adi Wibowo melanjutkan, pihaknya juga akan memberikan tindakan lanjutan terhadap para napi yang ditemukan menyimpan barang ilegal tersebut. Sejumlah sanksi dapat diberlakukan seperti sanksi administratif hingga sanksi larangan menerima kunjungan. “Hukuman disesuaikan dengan bobot pelanggarannya,” imbuh Adi Wibowo

Adi juga menerangkan, Lapas Sidoarjo memiliki luasan sekitar 1,5 hektar dengan kapasitas 350 orang. Di dalamnya terdapat 43 kamar yang terbagi dalam tiga blok.

Sementara itu, tercatat ada 1.117 narapidana di dalam lapas tersebut. “Tentunya ini jelas sangat overload, namun para petugas akan terus bergerak menjaga ketertiban,” pungkasnya. (son/nis)

(sb/son/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia