Kamis, 27 Jun 2019
radarsurabaya
icon featured
Features Sidoarjo
Handi Triwahono, CPNS Penyandang Disabilitas

Ingin Jadi Motivasi Bagi Teman-Temannya

06 April 2019, 15: 32: 57 WIB | editor : Wijayanto

INSPIRATIF: Handi Triwahono saat penerimaan SK sebagai CPNS.

INSPIRATIF: Handi Triwahono saat penerimaan SK sebagai CPNS. (DOK/RADAR SIDOARJO)

Share this      

Ada yang spesial dari 464 orang penerima surat keputusan (SK) CPNS yang diserahkan bupati di Pendapa Delta Wibawa pada Hari Jumat (29/3) lalu. Dia adalah Handi Triwahono (28), satu-satunya CPNS yang disabilitas.

SATRIA NUGRAHA-Wartawan Radar Sidoarjo

SENYUM Handi Triwahono terus mengembang diantara ratusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Pendapa Delta Wibawa. Nampak sekali dia lega. Dia tak dapat menyembunyikan kegembiraan. Ya, Handi Triwahono adalah satu-satunya penyandang disabilitas yang diterima sebagai CPNS setelah lulus serangkaian tes akhir tahun lalu.

“Saya merasa bangga dan lega. Ini sekaligus menjadi semangat bagi teman-teman disabilitas yang lain. Saya bisa. Saya berharap teman-teman juga bisa,” ucap warga Desa Kedungrawan, Kecamatan Prambon ini.

Ini merupakan pertama kali di lingkungan Pemkab Sidoarjo menerima CPNS dari penyandang disabilitas lewat formasi khusus setelah keluar peraturan Menteri PAN-RB no 36 tahun 2018 tentang kriteria penetapan kebutuhan PNS dan pelaksanaan seleksi CPNS.

Saat mengikuti tes CPNS pada akhir tahun 2018 lalu Handi punya strategi khusus. “Saya banyak belajar soal-soal di internet,” jelasnya.

Selama ini, dunia bungsu dari tiga bersaudara ini memang dekat dengan informasi dan teknologi. Dia pernah bekerja di PT Telkom Sidoarjo sebagai pengelola lab dan trained. Juga di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo sebagai staf IT Pusat Data Informasi Mahasiswa (Pusdasim Umsida) sebelum akhirnya lolos sebagai CPNS.

Handi juga merasa lega karena saat tes CPNS menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). “Saat keluar ruang ujian saya langsung bisa memantau nilai saya. Dari dua peserta difabel yang ikut akhirnya saya yang lolos” imbuhnya.

Nantinya Handi akan berdinas di Puskesmas Desa Urangagung, Kecamatan Kota sebagai Pranata Komputer Terampil. Di rumahnya, di Desa Kedungrawan, Handi juga membuka jasa servis komputer. Saat ditanya apa sudah punya pacar, Handi tersipu. "Mungkin tahun depan saya menikah,” ujarnya. (sat/nis)

(sb/sat/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia