alexametrics
Selasa, 20 Oct 2020
radarsurabaya
Home > Sidoarjo
icon featured
Sidoarjo

Banyaknya PHK dan Lulusan Sekolah Kerek Pengangguran Terbuka

06 April 2019, 15: 24: 55 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi

Ilustrasi (DOK/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) tahun ini diprediksi akan bertambah. Penyebabnya tak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Banyaknya siswa lulusan sekolah dan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Melihat dari data milik Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), tahun lalu persentase TPT di Sidoarjo mencapai 4,97 persen. Angka tersebut sempat mengalami penurunan pada 2018. Namun tahun ini angkanya diprediksi akan meningkat jadi 5,56 persen.

Kepala Disnaker Fenny Apridawati mengatakan, persentase TPT tidak bisa dipastikan. Masyarakat yang sebelumnya memiliki pekerjaan, bisa tiba-tiba menjadi pengangguran. Begitu pun sebaliknya.

Namun ada beberapa faktor yang menurutnya menjadi penyebab kondisi tersebut. Angka lulusan sekolah adalah salah satunya. Prediksi tahun ini jumlah siswa yang lulus sekolah mencapai 21 ribu. "Tidak semuanya langsung mendapat pekerjaan," katanya.

Faktor lainnya adalah PHK. Pemberhentian kerja oleh perusahaan tersebut juga disebabkan beberapa alasan. Misalnya saja kontrak kerja habis dan perusahaan tidak memperpanjang kontrak. Bisa juga terjadi karena adanya perselisihan antara pekerja dan perusahaan.

Dari data Disnaker, jumlah PHK terus bertambah. Sampai saat ini sebanyak 38 ribu karyawan di PHK. Jumlahnya mengalami kenaikan. Akhir tahun lalu total pegawai yang dirumahkan mencapai 33.573 karyawan.

Untuk menurunkan angka pengangguran, pemkab melakukan sejumlah cara. Misalnya menggelar pelatihan. Sasarannya lulusan sekolah serta rumah tangga.

Selain itu, masyarakat yang sedang mencari kerja juga diberikan pelatihan ketrampilan. Misalnya ketrampilan salon dan elektronik. Pelatihan tersebut sudah berjalan. "Kami juga menunggu operasional Balai Latihan Kerja Internasional (BLKI) di Tulangan," jelasnya.

Solusi selanjutnya menggelar bursa kerja. Salah satunya dengan bursa kerja terbuka yang bisa diikuti oleh seluruh masyarakat. Ada juga bursa kerja khusus SMK yang tahun ini digelar di 10 sekolah. (son/nis)

(sb/son/jay/JPR)

 TOP