Selasa, 15 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Tahap Satu Kurang 9 Hari, Baru 1.772 CJH Lunasi BPIH

06 April 2019, 15: 18: 57 WIB | editor : Wijayanto

LUNAS: CJH Sidoarjo yang melakukan pelunasan BPIH tahap I.

LUNAS: CJH Sidoarjo yang melakukan pelunasan BPIH tahap I. (YUSRIZAL ARI AWAN/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Kurang sembilan hari lagi waktu pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap pertama akan ditutup. Pelunasan BPIH Kabupaten Sidoarjo yang sudah dibuka mulai 19 Maret lalu itu, akan ditutup tak lama lagi pada 15 April mendatang.

Kepala Seksi Haji dan Umroh Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sidoarjo Rohmad Nasruddin mengungkapkan, sampai saat ini total Calon Jamaah Haji (CJH) asal Sidoarjo yang sudah melakukan pelunasan BPIH tahap pertama baru berjumlah 1.772 jamaah. Dari total CJH yang terdaftar sebelumnya berjumlah 2.272 orang. Angka tersebut menunjukan terdapat kurang lebih 500 CJH yang belum melakukan pelunasan BPIH di tahap pertama ini.

“Kira-kira masih 75 persen yang telah melunasi BPIH tahap pertama. Namun batas akhir masih sepuluh hari lagi jadi masih besar kemungkinan jumlah terus bertambah,” ungkapnya.

Menurut dia, dari CJH yang masih belum melunasi BPIH tahap pertama terdapat beberapa yang sengaja tidak melunasi atau bisa dikatakan sengaja menunda. “Masih ada yang belum melunasi, tapi bisa jadi tidak melunasi karena mundur ke tahun yang akan datang karena alasan-alasan berbagai hal,” terangnya.

Nasruddin menambahkan, bahwa biasanya CJH yang sengaja tidak melunasi PBIH dikarenakan ingin jadwalnya disamakan waktu pendaftarannya dengan keluarga, entah itu istri maupun anak. Selain alasan ingin berpapasan pelunsannya dengan sanak saudara, alasan lain juga biasanya dikarenakan kondisi CJH yang sakit.

Setelah proses pelunasan BPIH tahap pertama akan ditutup pada 15 April mendatang, nantinya disusul dengan pelunasan BPIH tahap kedua yang dimulai 30 April hingga 10 Mei 2019. Nantinya CJH yang tidak melunasi BPIH tahap pertama dengan alasan jadwalnya ingin disamakan dengan kerabat diproses lagi di pelunasan tahap kedua. “Yang lolos pengajuan penggabungan suami istri, ortu atau anak dari tahap pertama, akan digeser ke tahap kedua,”

Selain itu, pelunasan BPIH tahap kedua juga diperuntukkan pada jamaah yang sudah pernah haji serta CJH yang lolos pengajuan lansia dan para jamaah cadangan. (yus/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia