Kamis, 12 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

KPU Libatkan Relasi Awasi Distribusi Surat Suara

06 April 2019, 12: 45: 59 WIB | editor : Wijayanto

SIMULASI: Sejumlah anggota PPK se Surabaya mengikuti simulasi rekapitulasi suara di kantor KPU Surabaya, Jumat (5/4).

SIMULASI: Sejumlah anggota PPK se Surabaya mengikuti simulasi rekapitulasi suara di kantor KPU Surabaya, Jumat (5/4). (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Distribusi logistik surat suara masuk hari kedua. Setelah di hari pertama, ada delapan kecamatan yang sudah menerima, Jumat (5/4) giliran lima kecataman. Yakni, Rungkut, Genteng, Gubeng, Krembangan dan Sukolilo. Untuk memastikan kualitas dan kuantitas surat suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya meminta perwakilan Relawan Demokrasi (Relasi) untuk mengawasi.

Terlihat di kantor Kecamatan Sukolilo, dua orang Relasi basis pemilih pemula sedang mengecek pengiriman surat suara yang baru sampai sekitar pukul 15.00. Mereka adalah Fatoni, mahasiswa Ilmu Politik UIN Sunan Ampel dan Fitriana Miftahul Hasanah mahasiswi prodi Administrasi Universitas Hang Tuah Surabaya.

Fatoni mengatakan, pemantau surat suara memastikan kelengkapan dan kelayakan. Jika ada yang rusak akan dicatat dan dilaporkan tim relawan demokrasi, lewat berita acara yang diketahui ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). “Kami ikut memantau agar lancer pelaksanaan Pemilu,” katanya.

Surat suara yang telah diterima Kecamatan Sukolilo akan langsung di tata sesuai kebutuhan lembar di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua PPK Sukolilo Novi Amirul Fatah mengatakan, total ada 78.752 lembar surat suara diterima Kecamatan Sukolilo. Dia sudah memerintahkan tim dari PPK, KPPS untuk mengebut pembagian surat suara ini.

"Mungkin 24 jam ya. Karena kita harus langsung lapor kalau ada yang kurang atau rusak," ujarnya. (rpp/vga)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia