Senin, 17 Jun 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Jelang USBN, Siswa SD Ikuti Try Out Online

04 April 2019, 23: 58: 02 WIB | editor : Wijayanto

SERIUS : Para siswa sedang mengerjakan try out USBN di sekolahnya.

SERIUS : Para siswa sedang mengerjakan try out USBN di sekolahnya. (ISTIMEWA)

Share this      

GRESIK - Menjelang Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) siswa Sekolah Dasar (SD) yang akan digelar 22 April mendatang, Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik sudah menggelar try out online di sekolah masing-masing.  Dalam kegiatan tersebut, Dispendik Gresik melakukan pengarahan dalam menyusun soal-soal latihan (try out) untuk persiapan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik Mahin menjelaskan untuk soal-soal latihan atau tryout dikerjakan siswa dalam sistem online.  Dalam soal latihan itu akan menekankan pada 4C, yaitu  critical thingking (berpikir kritis), colaboration (kerja sama), creativity (kreativitas), dan communication(komunikasi). 

"Soal-soal latihan yang dikerjakan para siswa dengan sistem online. Untuk lebih bisa memecahkan soal-soal latihan dan memberi motivasi pada siswa, soal-soal itu akan diacak," jelasnya. Pihaknya menerapkan sharing karena di Gresik belum pernah mengikuti US secara online. 

Ia mengungkapkan, guna melatih para siswa kelas 6 yang sebentar lagi akan menghadapi ujian, Dispendik sudah mempersiapkan berbagai naskah soal latihan seperti Matematika, 17 paket soal latihan IPA dan Bahasa Indonesia.

Menurutnya soal-soal tersebut dapat dikerjakan para siswa melalui try out online ataupun manual sudah diberikan kepada sekolah-sekolah. "Komposisi soal latihan selain pilihan ganda juga terdapat soal uraian, sehingga siswa dapat belajar secara optimal," kata dia. (han)

(sb/han/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia