Selasa, 21 May 2019
radarsurabaya
icon featured
Events Surabaya

Dishub Siapkan 560 Bus untuk Mudik dan Balik Gratis 2019

04 April 2019, 17: 41: 43 WIB | editor : Wijayanto

Kepala Dishub Jatim Fattah Jasin

Kepala Dishub Jatim Fattah Jasin (DOK/RADAR GRESIK)

SURABAYA – Kabar gembira bagi masyarakat Jawa Timur (Jatim), pasalnya Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim kembali berencana menggelar mudik dan balik gratis pada Lebaran 2019. Bahkan dalam waktu dekat, pendaftaran untuk menggunakan angkutan bus akan segera dibuka.

Kepala Dishub Jatim Fattah Yasin mengatakan, jumlah bus yang disediakan tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Diketahui tahun 2018 sebanyak 560 bus yang disediakan. “Kurang lebih segitulah. Untuk bus pendaftarannya insya Allah dalam waktu dekat dan akan kita sampaikan terlebih dulu kepada Gubernur,” katanya.

Untuk pendaftaran, Fattah mengaku akan menggunakan sistem online. Menurutnya, sistem ini sudah berjalan sejak tahun-tahun sebelumnya. “Kalau untuk kesiapan kami sangat siap, karena program ini sudah sering dilakukan setiap tahunnya,” imbuhnya.

Meski demikian, menurut mantan asisten II bidang ekonomi pembangunan Setdaprov Jatim ini, saat ini Dishub Jatim sedang menyusun rancangan anggaran APBD 2019 pada mudik gratis tahun ini. Pihaknya masih melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota di Jatim.

“Kami masih merinci berapa kekuatan APBD. Selain itu usulan mudik dan balik gratis ini masih dalam tahap pembahasan. Kami juga belum menentukan jurusan. Insya Allah dalam waktu dekat sudah selesai,” jelasnya.

Fattah menjelaskan, pada mudik dan balik gratis tahun ini ada tiga moda transportasi yang digunakan, yakni bus, kereta api dan kapal laut. Untuk kapal laut, Fattah mengaku sudah di-launching secara online. Kalau untuk kereta api, pihaknya mengaku harus berkoordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai penyelenggara. “Untuk bus, kami yang menyelenggarakan,” katanya.

Dari data yang diperoleh Radar Surabaya, pada tahun 2018 jurusan yang paling banyak diminati adalah jurusan Surabaya-Madiun-Ponorogo dengan jumlah bus yang disediakan mencapai 48 bus. Lalu Surabaya-Jember-Banyuwangi 38 bus, Surabaya-Madiun-Pacitan 37 bus, Surabaya-Madiun-Magetan 36 bus, Surabaya-Madiun 35 bus dan Surabaya-Lumajang-Jember 23 bus. (mus/nur)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia