Jumat, 06 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Distribution Center PDAM Dibangun di Sidoarjo dan Tanggulangin

04 April 2019, 17: 09: 28 WIB | editor : Wijayanto

TUNGGU APPRAISAL: Pipa dan lahan yang disiapkan untik pembangunan DC PDAM di SIdoarjo.

TUNGGU APPRAISAL: Pipa dan lahan yang disiapkan untik pembangunan DC PDAM di SIdoarjo. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - PDAM Delta Tirta masih menunggu kepastian lahan untuk pembangunan Distribution Center (DC) di Sidoarjo dan Tanggulangin. Kedua DC itu nantinya akan digunakan sebagai pusat pengaturan lalu lintas pendistribusian air minum dari sistem penyedia air minum (SPAM) umbulan ke rumah-rumah warga di Sidoarjo.

Penjabat sementara (Pjs) Direktur PDAM Delta Tirta Abdul Basit Lao mengatakan, untuk lahan DC di Tanggulangin, pihaknya kini masih menunggu appraisal. Setelah ada penghitungan harga dari tim appraisal, selanjutnya lahan tersebut langsung dibeli.

Sedangkan untuk lahan DC di Sidoarjo masih dalam tahap negosiasi kembali. Pihaknya kini masaih menunggu hasil dari negosiasi tersebut dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo sebelum akhirnya lahan tersebut dapat digunakan. “Lahan itu kan berasal dari fasum yang sudah diserahkan kepada pemkab,” terangnya.

Namun dalam perjalanannya, sebagian masyarakat yang menolak dengan beberapa alasan. Seperti lahan yang ada di tepi jalan itu akan digunakan sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH). Untuk itu, saat ini negosiasi masih terus dilakukan.

Tahun ini PDAM Delta Tirta menerima aliran air dari Umbulan. Untuk bisa mengalirkan air tersebut, pihaknya membutuhkan delapan DC yang diletakkan di delapan kecamatan.

Selain di dua kecamatan tersebut, ada enam kecamatan lain yang saat ini pembangunan DC-nya sudah dimulai. Yakni di Porong, Jabon, Candi, Buduran, Gedangan, serta Waru. Untuk itu, Basit berharap dua kecamatan tersebut bisa segera rampung. Sehingga bisa menyusul pembangunan DC di enam kevamatan lainnya. (far/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia