Selasa, 17 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Features Surabaya

Patung Suroboyo Mulai Tahap Pengecatan

04 April 2019, 07: 20: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

DIKEBUT: Pekerja melakukan pengecatan Patung Suroboyo yang ada di kawasan pesisir Bulak, Rabu (3/4).

DIKEBUT: Pekerja melakukan pengecatan Patung Suroboyo yang ada di kawasan pesisir Bulak, Rabu (3/4). (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA – Mimpi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini semakin dekat, tak ayal pembuatan patung Surboyo di Taman Suroboyo sudah dalam tahap pengecatan dan finishing. 

Sekretaris Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya Ipong Wisnoewardono menjelaskan, saat sedang dalam pengecatan pada bagian ornamen rumput laut yang dibagian tengah antara patung Suro dan Boyo. “Jadi masih baru itu saja saat ini, warnanya hijau daun begitu. Nanti Suro dan Boyo-nya warna abu-abu dan putih tulang kayak yang di monkasel (Monumen Kapal Selam, Red) gitu,” jelas Ipong, Rabu (3/4).

Ipong menargetkan, proses pengecatan akan tuntas sebelum Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-726. Karena cuaca di Kota Pahlawan saat ini tidak menentu, bisa jadi pengecatan terhambat. “Ya ini kita kebut, biar bisa segera tuntas,” tuturnya.

Sebelumnya Risma pernah mengatakan, pembangunan Patung Suro dan Boyo ini adalah bagian dari mimpinya. Patung Suro dan boyo ini juga menjadi ikon terbesar dibanding patung yang ada di Kebun Bintang Surabaya (KBS) dan Skate Park Jalan Gubeng Surabaya.

“Ini adalah bagian dari mimpi saya. Saya juga membayangkan ketika ada di tengah laut, maka Surabaya dapat terlihat dari ikon patung ini. Selain itu, bisa dibilang patung ini adalah neneknya karena setinggi 42 meter. Kalau mamanya ada di Skate Park, anaknya ada di Kebun Binatang Surabaya (KBS),” kata Risma.

Ia memastikan bahwa Taman Suroboyo beserta patung Suro dan Boyo ditargetkan rampung bulan Mei, karena itu akan menjadi hadiah manis bagi HJKS. “Sebenarnya untuk patungnya sendiri, bulan ini atau awal bulan sudah bisa selesai. Tapi di bawahnya kan ada tambahannya dan tamannya, sehingga pengerjaan maksimal kami targetkan bulan Mei,” kata Risma.

Setelah patung tersebut selesai, rencananya Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan melanjutkan proyeknya membenahi wisata kawasan pesisir Kenjeran. Mulai penataan Sentra Bulak Ikan (SIB) hingga pembuatan jembatan penyebrangan orang (JPO) dan cable car. (gin/nur)

(sb/gin/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia