Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Giliran Segitiga Emas Tunjungan Dicerahkan

03 April 2019, 06: 25: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

DIPERCANTIK: Pekerja menyelesaikan pengecatan gdung Siola di Jalan Tunjungan, Selasa (2/4). Kawasan Tunjungan menjadi salah satu dari segitiga emas ka

DIPERCANTIK: Pekerja menyelesaikan pengecatan gedung Siola di Jalan Tunjungan, Selasa (2/4). Kawasan Tunjungan menjadi salah satu dari segitiga emas kawasan kota tua. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya saat ini sedang giat melakukan revitalisasi kawasan kota tua. Setelah melakukan pengecatan di kawasan Jalan Karet, Jalan Panggung, dan Jalan Kembang Jepun, kali ini pemkot melakukan pengecatan di kawasan Jalan Tunjungan. 

Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Surabaya Iman Krestian menjelaskan, revitalisasi ini untuk memberikan nuansa kota lama yang cerah. Saat ini DPRKPCKTR sudah mulai melakukan pengecatan pada Gedung Siola di Jalan Tunjungan. 

“Nanti di sepanjang jalan tersebut ada beberapa gedung yang kami cat, kecuali Hotel Majapahit, karena warnanya memang seperti itu. Kalau yang lainnya kita cat dengan warna cerah gitu, dan menonjolkan detail-detail bangunannya juga,” kata Iman saat dikonfirmasi, Selasa (2/4) siang.

Selain itu, Iman juga mengatakan, pengecatan ini akan dilakukan pada kawasan Jalan Blauran dan Jalan Embong Malang. Di kawasan segitiga emas tersebut, nantinya tidak hanya dilakukan pengecatan saja, tetapi juga penataan pedestrian dan ornamen lampu yang menonjolkan kawasan kota tua. 

Nantinya, kawasan Jalan Tunjungan konsep pewarnaanya pun juga berbeda dengan Jalan Blauran dan Embong Malang. Iman saat ini sedang mengkonsep pewarnaan di dua kawasan tersebut dengan menyesuaikan kondisi bangunan setempat. 

“Kalau di Baluran itukan rencananya kami merivitalisasi kampung-kampunganya, kami perbaiki pedestrian, saluran, dan lampu penerangannya. Jadi konsep pewarnaanya juga beda dengan Tunjungan, kalau Gedung Siola itu kita tonjolkan kombinasi warna merah dan putih,” jelasnya. 

Selain itu, Iman menambahkan, pedestrian kawasan Blauran saat ini sedang tahap perbaikan saluran. Diutamakannya perbaikan saluran ini dikarenakan memerlukan waktu yang lama, setelah itu akan dilakukan pemavingan, penerangan jalan umum (PJU) dan pengecatan bangunan. (gin/nur)

(sb/gin/jek/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia