Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Gresik
Pertanian di Balongpanggang Pasca Banjir

Bibit Padi Hanyut, Petani Pilih Panen Lebih Awal

30 Maret 2019, 10: 57: 31 WIB | editor : Wijayanto

HANYUT : Bibit padi yang akan digunakan petani pada musim tanam kedua tahun ini hanyut terbawa banjir.

HANYUT : Bibit padi yang akan digunakan petani pada musim tanam kedua tahun ini hanyut terbawa banjir. (FAHTIA AINUR ROFQ/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Para petani di Kecamatan Balongpanggang dan Kecamatan Benjeng harus kembali melakukan pembibitan sejak awal. Pasalnya, bibit padi yang rencananya akan digunakan untuk tanam kedua hanyut diterjang banjir.

Dari pengamatan di Kecamatan Balongpanggang, para petani saat ini sibuk untuk mengamankan bibit padi yang masih tersisa. Bibit padi diletakan di pinggiran sawah agar tidak hanyut saat banjir kembali datang. Selain itu, para petani juga melakukan langkah antisipasi agar padi mereka yang sudah berusia 70 hari bisa tetap dipanen.

Agus, 34, Petani asal Desa Karang Semanding, Balongpanggang mengatakan saat ini sebenarnya dirinya sedang melakukan penanaman bibit untuk musim tanam kedua. Tetapi, belum sampai selesai penananamnya bibit sudah diterjang banjir. “Kalau rugi tidak seberapa soalnya bibitnya masih kecil,” ujarnya.

Namun, lanjut dia, akibat bibit yang sudah siap panen tersapu banjir, dirinya harus mulai melakukan pembibitan ulang. “Ya jadinya molor untuk penanaman musim tanam kedua. Soalnya bibitnya banyak yang hilang,” ungkap dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Gresik Eko Anandito Putro mengatakan hingga saat ini belum ada laporan terkait kerusakan areal pertanian akibat banjir yang melanda Balongpanggang dan Benjeng. “Memang data yang kami terima ada 163 hektar yang terendam air. Tetapi tidak sampai rusak,” ujarnya.

Dikatakan, sejak Rabu malam lalu air yang menggenangi areal persawahan sudah mulai surut. Rata-rata ketinggian air saat ini tinggal 10-20 sentimeter. “Sudah mulai surut airnya. Karena memang hanya lewat saja,” imbuhnya. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia