Senin, 20 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Banjir Kali Lamong Mulai Meluas ke Cerme

29 Maret 2019, 15: 32: 17 WIB | editor : Wijayanto

MELUAS: Banjir kini mulai meluas hingga masuk ke Kecamatan Cerme.

MELUAS: Banjir kini mulai meluas hingga masuk ke Kecamatan Cerme. (ISTIMEWA)

Share this      

GRESIK – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik terus memantau pergerakan air banjir di wilayah aliran sungai Kali Lamong. Hingga kemarin siang, air mulai mengalir menuju Kecamatan Cerme. Sejumlah desa di wilayah Cerme mulai tergenang air banjir.

BPBD Gresik mengamati, banjir di wilayah Cerme belum sampai menggenangi rumah-rumah warga. Genangan air hanya terjadi di sejumlah jalan poros desa dan halaman instansi pemerintah. Kepala BPBD Kabupaten Gresik Tarso Sugito mengatakan untuk wilayah Cerme genangan air mulai terjadi di tiga desa. Yakni, Desa Dadapkuning, Desa Dungus dan Desa Sukoanyar. Tetapi belum masuk ke rumah warga.

“Untuk Dadapkuning, hanya jalaman UPT Puskesmas dan Jalan Dusun Lekerrejo yang mulai tergenang 5-10 sentimeter,” ujarnya.

Kemudian, untuk desa air hanya menggenangi jalan poros desa sepanjang 100 meter dengan ketinggian hanya 10 sentimeter. Sedangkan untuk Desa Sukoanyar juga hanya menggenangi Jalan Dusun Karangjati sepanjang 50 meter dengan tinggi genangan sekitar 10 sentimeter. “Kami terus melakukan update data karena pergerakan air relative cepat,” ungkap dia.

Dikatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Muspika Kecamatan Cerme dan perangkat desa setempat. Mereka sudah diminta untuk melakukan langkah antisipasi kalau banjir nanti semakin tinggi. “Sudah, kami sudah sampaikan kepada mareka,” imbuhnya.

Ditambahkan, pihaknya meminta kepada petugas yang ada di lapangan untuk terus memantau kondisi debit air sungai Kali Lamong. Sehingga, pergerakan air bisa cepat diketahui. “Tetap ada petugas yang memantau,” pungkas dia. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia