Selasa, 16 Jul 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

KPU Jatim Coret 27 WNA Masuk DPT

27 Maret 2019, 16: 09: 53 WIB | editor : Wijayanto

Ketua KPU Jatim Choirul Anam

Ketua KPU Jatim Choirul Anam (DOK/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Sebanyak 27 warga negara asing (WNA) yang namanya masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) akhirnya dicoret oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur. Pencoretan itu dilakukan setelah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) di setiap kota/kabupaten.

Ketua KPU Jatim Choirul Anam mengatakan, KTP yang dimiliki WNA sama dengan yang dimiliki warga negara Indonesia (WNI). Perbedaannya hanya warga negaranya. "Sama persis, sekilas kalau dilihat seperti gak ada bedanya. Yang membedakan cuma keterangan warga negara," ujarnya.

Wilayah yang terdapat WNA masuk dalam DPT adalah Pasuruan, Jember, Malang, Madiun, Ngawi. Menurut Anam, kebanyakan WNA bekerja sebagai dosen atau karyawan di sebuah perusahaan. "Kemungkinan masih ada lagi WNA yang masuk dalam DPT tapi kami masih melakukan penelusuran dan pencermatan," katanya.

Hal senada juga disampaikan Komisioner KPU Jatim Divisi Teknik Penyelenggaraan dan Data Nurul Amalia. Menurutnya, hingga kini KPU masih melakukan penelusuran dan pencermatan tentang keberadaan WNA. "Sebenarnya yang tahu keberadaan WNA ini adalah Dispendukcapil. Kami akan koordinasi terus," jelasnya.

Dia menambahkan, masuknya WNA di dalam DPT itu lantaran ketidaktahuan saat melakukan pencocokan dan penelitian (coklit). Selain itu, ada juga yang tidak tahu kalau orang tersebut merupakan WNA. "Mungkin ada yang menganggap etnis lain yang lama tinggal di Indonesia  sehingga coklitnya kurang maksimal," pungkasnya. (mus/vga)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia