Rabu, 23 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

KPU Mulai Distribusikan Logistik Pemilu ke Kecamatan

26 Maret 2019, 12: 37: 16 WIB | editor : Wijayanto

SIAP KIRIM: Kotak dan surat suara yang siap didistribusikan ke kecamatan.

SIAP KIRIM: Kotak dan surat suara yang siap didistribusikan ke kecamatan. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Jelang pelaksanaan pemilu yang kurang 22 hari lagi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo mulai melakukan distribusi logistik. Yakni meliputi kotak suara dan surat suara yang dikirim ke beberapa kecamatan. Kemarin (25/3) merupakan hari pertama pengiriman logistik.

Ketua KPU Sidoarjo M Zainal Abidin mengatakan, dalam distribusi pertama ini ada empat kecamatan yang mendapatkan logistik. Yakni Kecamatan Wonoayu, Tulangan, Prambon dan Krembung.

Sebelum mendistribusikan kotak suara dan surat suara, pihaknya terlebih dahulu harus memastikan kotak suara dan surat suara yang ada dalam keadaan baik. Selain itu, pihaknya juga harus merangkai kotak suara dulu. "Dirakit dulu kardusnya untuk jadi kotak, kemudian kami beri plastik,” katanya.

Selain perakitan dan pemberian plastik di kotak suara, KPU juga langsung memasukkan surat suara yang telah ada lebih dulu ke dalam kotak suara. Pemberian stiker berlogo KPU juga dilakukan secara bersamaan. “Semua dilakukan secara manual,” ujarnya.

Meski begitu, Zainal mengaku kesulitan saat harus merakit kotak suara tersebut. Selain karena proses seperti ini baru pertama dilakukan, minimnya tenaga pembantu juga menjadi salah satu masalah yang kini dihadapi KPU.

Pantauan Radar Sidoarjo di kantor KPU, hingga pukul 11.00, KPU masih melakukan perakitan dan pemberian stiker berlogo KPU. Sementara itu, satu kendaraan masih terlihat menunggu perakitan selesai. "Prosesnya memang lama," imbuhnya.

Sementara itu, surat suara yang akan didistribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di empat kecamatan tersebut merupakan surat suara untuk pemilihan DPRD Dapil 3. Nantinya, KPU akan melakukan evaluasi terkait kendala pendistribusian tersebut. “Kami akan evaluasi setelah percobaan pertama ini, agar setelahnya dapat berjalan dengan baik,” kata Zainal. Sementara itu, rekapitulasi daftar pemilih tambahan (DPTb) yang mengurus di daerah asal saat ini mencapai 580 orang. (far/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia