Senin, 16 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

KPU Sidoarjo Optimistis Bisa Tekan Angka Golput

25 Maret 2019, 19: 19: 06 WIB | editor : Wijayanto

KPU Sidoarjo Optimistis Bisa Tekan Angka Golput

SIDOARJO - Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 tinggal 22 hari lagi. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo optimistis warga yang tidak menggunakan hak pilihnya alias golongan putih (golput) bakal turun. Target tersebut dianggap realistis dengan sejumlah kegiatan sosialisasi yang sudah dilakukan selama dua bulan terakhir.

Ketua KPU Sidoarjo Mokhammad Zainal Abidin mengatakan, pada pemilihan legislatif (pileg) 2014 angka golput 24,28 persen. Sedangkan pada pilpres 2014 angka golputnya 28,28 persen. “Kami targetkan lebih rendah tingkat golput,” katanya.

Dia mengungkapkan, selama ini KPU sudah masuk ke sejumlah kawasan yang menjadi basis pemilih. Yakni dengan menggandeng 55 relawan demokrasi yang menggarap berbagai macam basis pemilih.

Dia berharap kegiatan sosialisasi tersebut membuat masyarakat yang namanya sudah masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) bisa mencoblos pada 17 April nanti. “Kami berharap DPT bisa menggunakan haknya,” katanya.

Zainal menambahkan, Pemilu 2019 ini berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya. Kali ini, pemilihan presiden, DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan DPD dipilih secara bersamaan. “Jadi, ini pemilu yang istimewa. Karena itu, masyarakat harus menggunakan hak pilihnya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sidoarjo Haidar Munjid Bawaslu juga mendukung langkah KPU Sidoarjo untuk meminimalkan angka golput. Namun, upaya untuk mendorong agar masyarakat mencoblos harus dilakukan dengan tepat. “Parpol-parpol dan caleg juga perlu mengajak masyarakat untuk mencoblos,” ujarnya.

Menurut Haidar, jelang pencoblosan banyak kegiatan dilakukan caleg. Karena itu, saat ini Bawaslu semakin giat dalam memelototi kegiatan kampanye di sejumlah kawasan. “Kami berupaya untuk meminimalisir pelanggaran dibandingkan penindakan,” pungkasnya. (vga/rek)

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia