Selasa, 22 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Gresik

Bawaslu Temukan 2.943 APK Caleg Langgar Aturan

25 Maret 2019, 12: 23: 02 WIB | editor : Wijayanto

BERTEBARAN : Poster caleg bertebaran dimana-mana dan melanggar aturan yang berlaku.

BERTEBARAN : Poster caleg bertebaran dimana-mana dan melanggar aturan yang berlaku. (FAHTIA AINUR ROFIQ/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK – Badan Pengawas Pemilu (Bawasu) Kabupaten Gresik menemukan ribuan alat peraga kampanye (APK) milik calon legislatif (caleg) dan pasangan calon (paslon) langgar aturan. Rata-rata pelanggaran terjadi lantaran caleg nekat memasang APK di tempat-tempat yang dilarang. 

Dari data yang berhasil dihimpun, APK yang dipasangan caleg dan paslon jumlahnya mencapai 7.801. Dari jumlah tersebut 2.943 melanggar ketentuan yang telah ditetapkan. Seluruh APK yang melanggar tersebut sudah dilakukan penertiban oleh Bawaslu Kabupaten Gresik.

Komisioner Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Gresik Syafi’ Jamhari mengatakan pelanggaran paling banyak karena APK dipasang dengan dipaku di pohon atau di tempel di fasilitas-fasilitas milik negara. “Ini jelas melanggaran peraturan daerah (perda) Gresik tentang reklame,” ujarnya.

Jumlah pelanggaran APK karena di paku di pohon atau di tempel di fasilitas umum mencapai 2.638 APK. “Kami sudah membuat jadwal rutin untuk penertiban APK-APK yang melanggar tersebut,” terang dia.

Kemudian, pelanggaran lain yang tidak kalah banyak yakni pemasangan APK di tempat-tempat yang dilarang. Mulai dari pemasangan APK di tempat ibadah, lembaga pendidikan, lembaga kesehatan maupun gedung pemerintah. “Yang sudah kami tertibkan jumlahnya sekitar 305 APK,” ungkapnya.

Ditambahkan, pihaknya kembali mengingatkan kepada para caleg dan tim sukses paslon agar tidak mengulangi kesalahan pemasangan APK. “Kami minta mereka tetap harus melihat aturan saat memasang APK,” imbuhnya. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia