Selasa, 22 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Haji Talangan Dilarang, Pakai Gadai Emas

25 Maret 2019, 12: 18: 24 WIB | editor : Wijayanto

UBAH SISTEM: Pendaftaran haji melalui bank syariah kini ada yang menggunakan sistem gadai emas.

UBAH SISTEM: Pendaftaran haji melalui bank syariah kini ada yang menggunakan sistem gadai emas. (DOK/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Larangan pengambilan porsi haji dengan dana talangan tidak membuat sektor keuangan surut. Mereka memberikan alternatif dengan menggadaikan emas atau logam mulia.

Kepala Cabang Pegadaian Syariah Gresik, Miftahul Jannah mengatakan, strategi ini terobosoan untuk memanfaatkan ditutupnya program dana talangan haji. “Kami berusaha menangkap peluang sebagai penawaran solusi bagi masyarakat yang ingin menunaikan ibadah haji pasca Dana Talangan Haji (DTH) ditutup,” ujarnya.

Dikatakan, program gadai emas untuk haji di Gresik cukup diminati. Nasabah yang membuka rekening mencapai puluhan orang. “Nasabah mendapatkan pinjaman tabungan haji dari perbankan syariah yang bekerjasama dengan kami,” tuturnya.

Adapun konsumen yang disasar, kata Miftahul, merupakan nasabah pegadaian serta kalangan pelaku usaha mikro kecil menengah yang ada di daerah.

Di tempat terpisah, Kepala Cabang Bank Syariah Mandiri Gresik, Arief Budiawan mengungkapkan, program tabungan haji pegadaian secara prinsip mirip tabungan haji yang ada di perbankan syariah. Hanya saja perbankan syariah tidak menerima adanya pembayaran dalam bentuk emas.

“Produknya sama, nasabah yang dibidik juga sama. Yang membedakan mungkin cakupan perbankan lebih luas serta program yang diberikan kepada nasabah lebih variatif,” kata Arif.

Selain tabungan haji, pihaknya juga terus mendorong agar para nasabahnya melakukan investasi emas dengan cara mencicil selama 1 hingga 5 tahun. (fir/ris)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia