Jumat, 26 Apr 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Jemput Bola, Dispendukcapil Rekam E-KTP ke Lapas Sidoarjo

24 Maret 2019, 09: 58: 59 WIB | editor : Wijayanto

SIAP: Proses perekaman e-KTP.

SIAP: Proses perekaman e-KTP. (LUKMAN ALFARISI/RADAR SIDOARJO)

SIDOARJO – Upaya jemput bola (jebol) untuk perekaman dan pencetakan e-KTP kembali dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) di Lapas Klas II A Sidoarjo, Sabtu (23/3).

Disiapkan alat perekaman dan pencetakan e-KTP untuk warga binaan. Kegiatan tersebut dilakukan sejak pukul 11.00 hingga sore.

Kepala Dispendukcapil Medi Yulianto mengatakan, pihaknya telah melakukan perekaman e-KTP warga binaan di lapas tersebut sebanyak tiga kali. Hal itu disebabkan jumlah warga binaan asal Sidoarjo cukup banyak. Jumlahnya juga bertambah setiap pekan. "Ini sudah ketiga kali sejak Agustus tahun lalu,” katanya.

Sebelum jebol dilakukan, Dispendukcapil lebih dulu mengirim surat ke pihak lapas untuk memberitahukan jadwalnya. Pihak lapas kemudian mengecek data warga binaan yang berasal dari Sidoarjo.

Dalam memeriksa data warga binaan tersebut, ada beberapa yang kurang lengkap. Misalnya tidak ada nomor KK atau NIK. Hanya nama dan alamat saja.

Medi pun mengecek data warga binaan terlebih dahulu. Bagi warga binaan yang belum melakukan perekaman, maka perekaman akan langsung dilakukan dan hasil cetaknya akan diserahkan ke petugas lapas. Selanjutnya akan diberikan ke warga binaan ketika masa penahanannya selesai.

Sementara dalam pemeriksaan itu, beberapa warga binaan asal Sidoarjo sudah pernah melakukan perekaman. “Ada yang sudah rekam tapi belum cetak, ada yang sudah cetak tapi belum diambil,” ujarnya.

Medi menambahkan, pihaknya juga telah melakukan beberapa perekaman di beberapa lapas di Jawa Timur. Beberapa lapas yang sudah dilakukan perekaman di antaranya dua lapas di Kebupaten Pamekasan, Blitar hingga Kabupaten Malang.

Selain itu, petugas Dispendukcapil juga melakukan perekaman ke instansi pendidikan. “Paling banyak di Pamekasan ada 70 orang,” ucapnya. (far/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia