Selasa, 22 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Pilkades di Kota Pudak Digelar Serentak Juli

23 Maret 2019, 14: 05: 13 WIB | editor : Wijayanto

Kepala Dinas PMD Kabupaten Gresik Edy Hadi Siswoyo

Kepala Dinas PMD Kabupaten Gresik Edy Hadi Siswoyo (DOK/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) memastikan Pemilihan Kepala Desa serentak itu bakal dilangsungkan sekitar Juli 2019 mendatang. Saat ini tinggal tunggu surat keputusan (SK) Bupati.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Gresik Edy Hadi Siswoyo menyatakan pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto. Menurutnya, orang nomor satu di Gresik itu sudah menyetujui pelaksanaan Pilkades digelar Juli.

Meski begitu, pihaknya tetap harus melengkapi berkas-berkas untuk disampaikan ke Bupati. “Ya ini masih proses kelengkapan berkas. Nanti akan segera kami sampaikan ke Bupati untuk di keluarkan SK-nya,”  ujarnya.

Menurut dia, saat ini pihaknya baru memberikan intruksi kepada kecamtatan untuk menyiapkan pengawas Pilkades. Rencananya nanti, pengawas bakal diisi oleh tim dari Kecamatan dan Kabupaten.

Dikatakan, untuk sosialisasi Pilkades pihaknya baru akan melakukan sosialisasi setelah SK turun. Hanya saja sosialisasi tidak dilaksanakan di setiap desa, melainkan jadi satu di tingkat kecamatan.

Pihaknya juga sudah menerima usulan anggaran pelaksanaan Pilkades. Dari asosiasi kepala desa (AKD) Kabupaten Gresik anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 18 milliar. Dana itu untuk mencakup 720.768 pemilih di 265 desa. “Memang nanti pelaksanaannya sepenuhnya oleh desa dan kecamatan,” katanya. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia