Jumat, 26 Apr 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Gresik

KPUD Gresik Temukan 10 Ribu Surat Suara Rusak

23 Maret 2019, 14: 00: 31 WIB | editor : Wijayanto

RUSAK: Ketua KPUD Gresik Achmad Roni saat melakukan pengecekan surat suara yang mengalami kerusakan.

RUSAK: Ketua KPUD Gresik Achmad Roni saat melakukan pengecekan surat suara yang mengalami kerusakan. (FAHTIA AINUR ROFQ/RADAR GRESIK)

GRESIK - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Gresik telah menyelesaikan proses penyortiran surat suara pemilihan umum (pemilu). Hasilnya, KPU menemukan ribuan surat suara pemilu mengalami kerusakan. Saat ini, KPUD Gresik telah berkirim surat ke KPU RI untuk meminta ganti.

Dari data yang berhasil dihimpun, jumlah surat suara rusak yang ditemukan KPUD Gresik mencapai 10.477 lembar. Dengan rincian, surat suara untuk Capres-Cawapres yang rusak berjumlah 588 lembar. Kemudian, untuk surat suara DPR RI yang rusak mencapai 3.115 lembar.

Selanjutnya, untuk surat suara DPD yang mengalami kerusakan sebanyak 627 lembar. Sedangkan untuk DPRD Provinsi surat suara yang rusak sebanyak 1.954 lembar dan surat suara DPRD Kabupaten sebanyak 4.193 lembar.

Ketua KPUD Kabupaten Gresik Akhmad Roni mengatakan pihaknya sudah melaporkan temuan surat suara rusak kepada KPU RI. Mereka yang nanti akan menyampaikan kepada pihak percetakan untuk dilakukan pergantian. “Iya, harus lewat KPU RI, kami tidak bisa langsung berkomunikasi dengan pihak percetakan,” ujarnya.

Dikatakan, hingga saat ini surat suara pengganti belum dikirim percetakan kepada KPUD Gresik. Nanti setelah dikirim, pihaknya akan kembali melakukan penyortiran agar kalau ada yang rusak bisa dilakukan pergantian lagi. “Tetap kami lakukan sortir. Semoga tidak ada yang rusak lagi,” terang dia.

Terkait dengan surat suara yang rusak, lanjut Roni, rencananya akan dilakukan pembakaran. Sehingga, tidak menimbulkan permasalahan baru. “Nanti kami tetap undang perwakilan seluruh peserta pemilu dan sejumlah pihak terkait untuk menyaksikan pembakaran surat suara yang rusak,” imbuhnya. (rof)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia