Senin, 16 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

Sidoarjo Ketambahan Ribuan Pemilih dari Luar

23 Maret 2019, 13: 36: 03 WIB | editor : Wijayanto

PEMILU: Rapat Pleno KPU Sidoarjo membahas DPTb.

PEMILU: Rapat Pleno KPU Sidoarjo membahas DPTb. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Usai menetapkan daftar pemilih tambahan (DPTb) pada 18 Februari, KPU Sidoarjo mengadakan rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan DPTb. Rapat pleno di Fave Hotel, Jalan Jenggolo Sidoarjo tersebut dihadiri dispendukcapil, Bakesbangpol, Bawaslu Sidoarjo, dan partai politik peserta Pemilu 2019.

Ketua KPU Sidoarjo Mokhammad Zainal Abidin mengatakan, pihaknya berkewajiban untuk melayani semua pemilih. “Meski kita berada di Sidoarjo, wajib hukumnya melayani warga dari luar Kabupaten Sidoarjo. Kita harus memastikan Warga yang memiliki KTP luar Sidoarjo bisa memberikan hak pilihnya di Kabupaten Sidoarjo dengan A5,” kata Zainal.

Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Sidoarjo Abdillah Adhi kemudian membacakan satu per satu hasil pelayanan pindah memilih untuk 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Hasil pleno terbuka, terdapat 580 pemilih masuk yang mengurus di daerah asal dan pemilih masuk yang mengurus di daerah tujuan sebanyak 4.747 pemilih.

Adapun pemilih keluar yang mengurus di daerah asal sebanyak 1.543 pemilih dan pemilih keluar yang mengurus di daerah tujuan sebanyak 489 pemilih. “Kita harap semua warga yang punya hak pilih menggunakan suaranya pada pencoblosan 17 April mendatang,” katanya.

Ketua KPU Sidoarjo Zainal Abidin menambahkan, saat ini pihaknya juga memfasilitasi penayangan iklan kampanye dan rapat umum yang akan dimulai pada 24 Maret sampai 13 April mendatang. Hari tenang hanya tiga hari, yakni 14-16 April.

Zainal mengingatkan, tahapan kampanye sangat krusial karena menjelang detik-detik pencoblosan. Suhu politik pun dipastikan lebih hangat dari biasanya. “Kita harus menjaga iklim di Sidoarjo agar tetap kondusif. Selama ini tahapan-tahapan pemilu sudah berlangsung dengan aman dan lancar,” katanya.

Pihak KPU juga terus bekerja sama dengan jajaran kepolisian agar tahapan kampanye terbuka nanti bisa berjalan dengan aman. (vga/rek)

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia