Selasa, 23 Apr 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

Libatkan TNI dan Satpol PP, 1.200 Polisi Siap Amankan Pemilu

23 Maret 2019, 13: 26: 31 WIB | editor : Wijayanto

SIAP: Kapolresta Kombes Pol Zain Dwi Nugroho bersama Dandim 0816 Letkol Kav Arief Cahyo Widodo dan Ketua KPU Sidoarjo Zainal Abidin mengecek personel

SIAP: Kapolresta Kombes Pol Zain Dwi Nugroho bersama Dandim 0816 Letkol Kav Arief Cahyo Widodo dan Ketua KPU Sidoarjo Zainal Abidin mengecek personel pengamanan Pemilu 2019, Jumat (22/3). (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

SIDOARJO - Pemilihan umum (pemilu) tinggal 24 hari lagi. Polresta Sidoarjo kemarin (22/3) menggelar apel gelar pasukan dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu 2019). Sebanyak 1.200 personel siap diterjunkan untuk mengamankan pesta demokrasi yang bakal digelar pada 17 April mendatang.

Sejak pagi para personel yang dilibatkan dalam pengamanan pemilu sudah berbaris rapi mengikuti apel. Apel dipimpin langsung Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho. Tak hanya polisi, personel dari instansi lain seperti Satpol PP, dan TNI juga mengikuti apel pengamanan pemilu.

Selain itu, sejumlah kendaraan pengamanan seperti motor dan mobil patroli juga disiagakan sebagai bentuk kesiapan polri mengawal pelaksanaan pesta demokrasi. Sejumlah pejabat KPU, Bawaslu, perwakilan parpol, dan Forkopimda Sidoarjo juga hadir.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengutarakan, apel gelar pasukan ini juga diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia. Dari unsur kepolisian, pihak Polresta Sidoarjo menerjunkan 1.200 personel. Kemudian ditambah dari instansi linmas sebanyak 15 ribu orang dan 200 personel dari unsur TNI. “Kita kompak amankan pemilu,” sebut Zain.

Zain melanjutkan, pihaknya juga bakal meningkatkan pengamanan khususnya menjelang hari H yang sudah mulai mendekat. Selain itu, Zain mengimbau masyarakat agar tetap bijak dalam menyikapi meningkatnya suhu politik selama tahapan kampanye. Masyarakat diminta bijak dalam menyikapi berita hoax yang kian banyak beredar di media sosial.

“Jangan langsung di-share, tapi disaring dulu,” tegas Zain. Selain itu, menjelang kampenye terbuka yang bakal dilakukan massa dari masing pasangan calon, Zain juga mengimbau masyarakat agar tetap menjaga ketertiban berlalu lintas. Salah satunya dengan tetap mengenakan helm saat mengendarai sepeda motor di jalan raya. (son/rek)

(sb/son/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia