Selasa, 22 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

KPU Sidoarjo Segera Konsultasi Putusan PTUN ke Pusat

22 Maret 2019, 22: 49: 53 WIB | editor : Wijayanto

KONSULTASI: Ketua KPU Sidoarjo Mokhammad Zainal Abidin.

KONSULTASI: Ketua KPU Sidoarjo Mokhammad Zainal Abidin. (DOK/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo diminta berkonsultasi dengan KPU RI terkait putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya yang memenangkan gugatan pencalegan Mohammad Rifai. Rekomendasi itu disampaikan KPU Jatim dalam pertemuan dengan komisioner KPU Sidoarjo.

Ketua KPU Sidoarjo Mokhammad Zainal Abidin mengatakan, konsultasi ke KPU pusat sebagai tindak lanjut dari rekomendasi KPU Jatim. Langkah tersebut untuk menguatkan upaya yang akan dilakukan KPU Sidoarjo. "Semua berkas dan surat pencabutan SK yang lama sudah siap. Tinggal tanda tangan," katanya.

Surat pencabutan SK pencoretan Rifai sesuai dengan putusan hakim PTUN Surabaya. Keputusan tersebut bersifat final dan mengikat. Menurut Zainul, KPU Sidoarjo siap melaksanakan putusan PTUN. "Biar lebih sistematis, kami konsultasi dulu ke KPU pusat," terangnya.

Setelah putusan PTUN Surabaya itu, menurut Zainal, Rifai yang juga ketua DPC Partai Gerindra Sidoarjo berhak melaksanakan kampanye. "Tinggal dilegalkan dengan SK baru KPU Sidoarjo," jelasnya.

Dalam sidang di PTUN Surabaya pada Selasa (19/3) lalu, majelis hakim yang diketuai Husain Amin Efendi memerintahkan KPU Sidoarjo untuk mencabut SK pencoretan Rifai sebagai caleg DPRD Sidoarjo dari Gerindra. Pertimbangannya, KPU bukan bagian dari para pihak yang mendasarkan pencoretan terhadap penggugat dengan dasar petikan putusan. Apalagi, ancaman pidana penggugat di bawah lima tahun. Kasus yang menjerat Rifai ini terkait pemalsuan ijazah palsu di salah satu perguruan tinggi swasta di Surabaya. (vga/rek)

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia