Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Imigrasi Perak Terapkan APAPO Tekan Antrean Paspor

22 Maret 2019, 21: 37: 32 WIB | editor : Wijayanto

CEPAT: Petugas tengah memantau proses layanan paspor di kantor Imigrasi Perak.

CEPAT: Petugas tengah memantau proses layanan paspor di kantor Imigrasi Perak. (RAHMAT SUDRAJAT/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Online (APAPO) versi 2.0. terbukti efektif. Jumlah pengantre pemohon paspor baru maupun perpanjangan menurun drastis. “Hal ini semakin memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan keimigrasian khusunya pelayanan paspor,” kata Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Imigrasi Kelas I Tanjung Perak Arif Hanafi.

Pelayanan permohonan paspor dengan APAPO versi 2.0 tidak hanya digunakan untuk pemohon paspor baru namun juga bisa untuk perpanjangan paspor. Permohonan paspor baru syaratnya juga sama dengan perpanjangan paspor yaitu adanya KTP, Ijazah, Kartu Keluarga, buku nikah bagi yang sudah menikah.

Arif menambahkan bahwa sistem yang baru tersebut berdampak penurunan kouta yang awalnya bisa melayani 250 pemohon menjadi 150 perharinya. “Ya kita tidak memungkiri karena ini sistem yang baru jadi perlu adaptasi, terkadang ada trouble dalam sistem komputerisasi, mungkin normalnya bisa sebulan lagi,” imbuhnya.

Sistem baru tersebut berbeda dengan sistem lama jadi pemohon yang mengantre bisa lewat online kemudian muncul barcode yang nantinya bisa ditunjukan ketika datang ke petugas pelayanan imigrasi dan ditransmisikan komputer sehingga muncul nama pemohon dan nomor antrean pemohon.

Kemudahan tersebut dirasakan oleh salah satu pemohon paspor, Tutik yang sedang mengurus perpanjangan paspor untuk keberangkatannya ke Bangkok. “Pelayanan cepat dan mudah tidak seperti dulu yang mengantre lama,” ujarnya. (rmt/rtn)  

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia