Rabu, 23 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Diresmikan Mendag, UPT Metrologi Lindungi Konsumen dengan Tera Ulang

21 Maret 2019, 17: 52: 47 WIB | editor : Wijayanto

CEK ALAT: Bupati Saiful Ilah (kanan) berdialog dengan Umi Sahrul di ruang uji meter air di UPT Metrologi Legal, Rabu (20/3).

CEK ALAT: Bupati Saiful Ilah (kanan) berdialog dengan Umi Sahrul di ruang uji meter air di UPT Metrologi Legal, Rabu (20/3). (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

Sidoarjo – Kota Delta akhirnya punya kantor UPT Metrologi Legal di Jalan Veteran, Lingkar Timur Sidoarjo. UPT Metrologi Legal tersebut diresmikan oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito melalui telekonferensi dengan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, Rabu (20/3).

Saat telekonferensi, Mendag Enggartiasto Lukito berharap keberadaan UPT Metrologi Legal akan meningkatkan perlindungan konsumen. Selain itu, dia meminta UPT tersebut menjadi tempat konsumen memberikan masukan atau keluhannya.

“Perlindungan konsumen harus ditingkatkan lagi dan ditampung keluhan konsumen,” pesannya kepada Abah Ipul, sapaan akrab Bupati Saiful Ilah.

Usai teleconference, Abah Ipul yang didampingi Kepala Balai Standarisasi dan Metrologi Legal (BSML) Regional II Jogjakarta Anis Zukri serta Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sidoarjo Tjarda melihat langsung fasilitas pelayanan UPT Metrologi Legal.

Terdapat bermacam-macam alat ukur atau alat timbang yang digunakan sebagai patokan standardisasi. Abah Ipul mengatakan, pembangunan UPT Metrologi Legal Sidoarjo bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Perdagangan tahun 2018. Nilainya Rp 2,6 miliar.

“UPT ini harus bisa memberikan pelayanan tera atau tera ulang terhadap alat ukur takar timbang dan perlengkapannya (UTTP),” katanya.

Abah Ipul mengungkapkan, ada 616.504 UTTP di Kabupaten Sidoarjo yang telah didata. Pemilik alat ukur/timbang diminta melakukan pengecekan di UPT Metrologi Legal. Agar alat ukur/timbang yang dipakai dapat dipertanggungjawabkan kebenaran takarnya. “Konsumen tidak akan dirugikan saat bertransaksi yang melibatkan alat ukur/timbang,” tegasnya. (vga/rek)

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia