Selasa, 22 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Terus Bertambah, 83 Pasien Kena Kanker Serviks

20 Maret 2019, 16: 35: 44 WIB | editor : Wijayanto

SUDAH PARAH: Pasien sedang dirawat oleh keluarganya karena sel kankernya terus menyerang tubuh lainnya.

SUDAH PARAH: Pasien sedang dirawat oleh keluarganya karena sel kankernya terus menyerang tubuh lainnya. (DOK/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Jumlah pasien kanker serviks di Gresik makin meningkat. 2017 lalu, jumlah pasien masih sekitar 50 orang, akhir Desember 2018 lalu sudah mencapai 83 pasien. Ironisnya, kondisi pasien yang dirawat sudah stadium akhir.

Kepala bidang Pelayanan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Gresik, dr Umi Khoiroh mengatakan kebanyakan pasien yang datang ke saya sudah stadium lanjut. “Antara stadium 3 dan 4. Kalau kondisi seperti itu biasanya menyebar  ke organ lainnya,” kata Umi.

Dikatakannya, kondisi kanker pada stadium awal biasanya tidak ada gejala. Gejala baru terasa pada beberapa tahun setelah kondisi kanker makin parah. Untuk itu, pasien harus melakukan skrening untuk kesehatannya. “Kalau dari dinkes sudah komitmen melakukan hal itu, persoalannya justru pada pasien yang  masih kaku,” kata Umi.

Dalam proses pengobatan, pasien bisa rajin memeriksakan diri dengan pap smear. Setelah ketahuan, pengobatan dan perawatan langsung dilakukan. Pasien bisa menjalani radioterapi. "Enggak perlu sampai kemoterapi kalau sejak dini sudah ketahuan kondisinya," kata Umi.

Sementara itu, salah satu pasien Mariyam mengaku kondisinya makin terpuruk kala kondisi kanker sudah menyebar di seluruh tubuhnya. “Tidak ada tanda-tanda. Ini sudah masuk stadium tiga, harus ada proses kemoteray dan lain sebagainya,” ungkap Mariyam. (han)

(sb/han/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia