Selasa, 22 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

REI Dukung Kenaikan Harga Rumah Subsidi

20 Maret 2019, 16: 18: 59 WIB | editor : Wijayanto

NAIK: Rumah subsidi bakal naik hingga 7 persen tahun ini.

NAIK: Rumah subsidi bakal naik hingga 7 persen tahun ini. (DOK/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Pemerintah berencana menaikkan harga rumah subsidi tahun ini. Kenaikan tersebut didasari usulan asosiasi pengembang tergabung Real Estate Indonesia (REI).

Ketua DPD Real Estate Indonesia Gresik, Iqbal Randy mengatakan,  kenaikan harga rumah subsidi di Jatim nantinya berkisar 3,41 persen hingga 7,75 persen. Sejauh ini pihaknya sudah mendapatkan informsasi tersebut dari DPD REI Pusat. “Harga saat ini Rp 130 juta naik menjadi Rp 140 juta atau naik 7,69 persen,” ujarnya.

Dikatakan, kenaikan tersebut menimbang naiknya harga bangunan tahun lalu. Dia optimis harga jual itu masih terjangkau oleh masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan penghasilan minimal Rp 2,6 juta.

“Kami terus berkoordinasi dengan pihak perbankan untuk mensosialisasikan rencana kenaikan ini. Sebab, usulan ini sudah mendapatkan lampu hijau dari pemerintah,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Gresik, Koko Wijayanto menyebut, kenaikan harga rumah nantinya tergantung dari keputusan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Kemari ada usulan 3 sampai 7,5 persen. Namun untuk tahun ini, sementara masih pakai harga 2018," kata Koko

Koko menyebutkan, kenaikan harga rumah subsidi berbeda-beda untuk tiap-tiap wilayah. Kenaikan tersebut menyesuaikan harga tanah dan material disetiap rayon atau zona.

“Intinya tahun ini dipastikan harga rumah subsidi naik. Sebab, pengembang akan kesulitan dengan harga yang ada sekarang,” imbuhnya.

Menanggapi hal ini, Kepala Cabang Bank Tabungan Negara (BTN), Stepanus Hari mengaku optimis pasar rumah subsidi akan diminati masyarakat meskipun harganya naik. Sebab, kebutuhan rumah merupakan kebutuhan primer.

“Rumah subsidi selalu ada pasarnya asalkan lokasinya terjangkau. Tahun ini kami sedang membidik lima proyek rumah subisidi di Gresik. Semoga semuanya bisa teken PKS,” tegas Heri. (fir/ris)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia