Minggu, 22 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

H-30, KPU Kebut Distribusi Kotak dan Bilik Suara

20 Maret 2019, 13: 17: 50 WIB | editor : Wijayanto

SIAP DIGUNAKAN: Pekerja menata kotak suara yang siap digunakan di sebuah gudang di kawasan Nambangan, Surabaya.

SIAP DIGUNAKAN: Pekerja menata kotak suara yang siap digunakan di sebuah gudang di kawasan Nambangan, Surabaya. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA – Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi mengatakan, pihaknya menuntaskan pendistribusian kotak suara dan bilik suara ke 31 kecamatan di Kota Pahlawan. Sebab saat ini sebagian besar dari panitia pemungutan suara (PPK) tiap kecamatan sudah melakukan perakitan kotak suara. “Target kami hari ini tuntas, kan saat ini PPK per kecamatan sudah merakit kotak suara,” jelasnya.

Menurut dia, saat ini sebagian besar pihak PPK tiap kecamatan sudah melakukan perakitan kotak suara. Ada sekitar 40.730 kotak suara dan 32.584 bilik suara yang didistribusikan ke 8.146 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 31 kecamatan. 

Selain itu, Nur juga mengatakan, dari 31 kecamatan yang ada, ada tiga kecamatan yang tempatnya tidak terlalu cukup untuk menampung logistik saat pemilu sehingga perlu meminjam gedung milik instansi lainnya. Adapun tiga kecamatan tersebut meliputi Tambaksari, Wonokromo dan Sawahan. “Kami sudah berkoordinasi dengan pemkot terkait hal ini. Sudah ada jalan keluar, yakni dipinjami tempat oleh pemkot nantinya,” tuturnya.

Untuk alternatif tempat logistik di Kecamatan Tambaksari akan ditempatkan di Gelanggang Remaja. Sawahan ditempatkan di Wisma Barbara eks lokalisasi Dolly dan Wonokromo di tempatkan di Gelora Pancasila.

Mengenai keamanan tempat logistisk, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada pihak PPK dan tiap kecamatan untuk berkoordinasi dengan kepolisian setempat. “Untuk petugas keamanan tidak harus dari kepolisian saja. Bisa saja dari linmas atau petugas PPK secara bergiliran melakukan penjagaan nantinya,” tutupnya. (gin/nug)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia