Senin, 21 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Seluruh Toko Modern Tak Kantongi Andal Lalin

19 Maret 2019, 18: 28: 58 WIB | editor : Wijayanto

BODONG: Sebagianbesar toko modern belum mengantongi izin andal lalin.

BODONG: Sebagianbesar toko modern belum mengantongi izin andal lalin. (DOK/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK – Persoalan perizinan toko modern terus berlanjut. Dinas Perhubungan (Dishub) memaparkan jika seluruh toko modern yang ada di Kabupaten Gresik tidak memiliki analisis dampak lalu lintas (andal lalin). Ini disebabkan karena Gresik baru mengatur andalalin pada tahun 2017 lalu. Yakni dengan terbitnya Perda 4/2017 tentang Analisis Dampak Lalu Lintas.

Kepala Dishub Kabupaten Gresik Nanang Setiawan mengakui, jika seluruh toko modern tidak memiliki andal lalin. Persoalan utamanya memang karena aturan andalalin baru dimiliki Kabupaten Gresik tahun 2017 lalu. “Memang factor utamanya karena perda baru diterbitkan sekitar 2 tahun yang lalu,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, di dalam perda tersebut memang hanya memberikan kewajiba andalalin kepada toko modern yang luasannya mencapai 500 meter persegi. Padahal, banyak toko modern yang berdiri saat ini luasannya tidak sampai segitu. “Memang hanya yang di atas 500 meter persegi yang kena aturan andalalin,” ungkap dia.

Hal senada disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Gresik Heri Wahyu Riyanto. Selain karena aturan yang terbilang baru serta luasan yang cukup besar, tidak adanya toko modern yang memiliki andal ini lantaran Dinas Penanaman Modal (DPM).

“Seringkali kami belum keluarkan Andalalin tapi Izin Mendirikan Bangunan (IMB)-nya sudah keluar,” ungkapnya.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gresik Moh Syafi’ AM menyebut di dalam Perda 4/2017 tentang Andalalin sudah tegas diatur jika seluruh bangunan yang sudah berdiri sebelum aturan ini terbit agar menyesuaikan. “Jadi seharusnya tiddak ada alasan karena perdanya baru lantas dibiarkan saja. Disana ada ketentuan semua bangunan harus menyesuaikan,” ungkapnya. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia