Rabu, 23 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Try Out USBN Jadi Tolak Ukur

19 Maret 2019, 17: 33: 05 WIB | editor : Wijayanto

SERIUS: Suasana try out USBN salah satu sekolah dasar di Sukodono.

SERIUS: Suasana try out USBN salah satu sekolah dasar di Sukodono. (ISTIMEWA)

Share this      

SIDOARJO - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) memastikan bahwa soal try out ujian sekolah dasar (SD) sudah sesuai dengan standar Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Soal dibuat oleh tim khusus sebagai uji coba bagi peserta USBN.

Kabid SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo Bambang Eko Wiroyudho mengatakan, try out diadakan pada 18-20 Maret 2019. Soal untuk tiga mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA sudah dikemas sesuai kisi-kisi USBN. “Tidak beda jauh tema dan materi yang diujikan untuk kelas VI,” katanya.

Bambang mengungkapkan, try out yang masih menggunakan kertas tersebut nantinya sebagai ajang pemanasan jelang USBN. Dia berharap, para siswa serius mengerjaan soal-soal try out layaknya ujian nasional. “Masih try out, harus jujur untuk mengetahui kemampuan,” ujarnya.

Pembuatan soal-soal try out juga dilakukan dengan tim dari Dispendikbud Sidoarjo dengan matang dan teliti. Sehingga, materi soal tidak meleset jauh dengan materi soal yang akan diujikan dalam USBN nanti.

Jumlah peserta try out yang juga akan mengikuti USBN total ada 27.513. Terdiri dari 22.611 siswa dari SD negeri dan 4.902 siswa dari SD swasta. Total ada 550 lembaga penyelenggara yang akan melaksanakan USBN.

Hasil try out nanti akan diumumkan di masing-masing sekolah. Bambang berharap, para murid bisa mendapat nilai yang tinggi. “Sebab, hasilnya bisa dijadikan tolak ukur untuk USBN,” katanya. (vga/rek)

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia