Kamis, 25 Apr 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Potensi Pasar Ikan Lingkar Timur Jadi Destinasi Wisata Kuliner

18 Maret 2019, 22: 23: 58 WIB | editor : Wijayanto

POTENSI: Pasar ikan segar di Jalan Veteran, Lingkar Timur, Sidoarjo, yang bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata.

POTENSI: Pasar ikan segar di Jalan Veteran, Lingkar Timur, Sidoarjo, yang bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

SIDOARJO – Pasar ikan di Jalan Veteran, kawasan Lingkar Timur Sidoarjo, bisa dikembangkan sebagai destinasi wisata. Selain berbelanja aneka jenis ikan, kawasan penjualan ikan segar tersebut bisa menjadi jujukan para wisatawan.

Wakil Ketua Komisi B Dhamroni Chludori mengatakan, lokasi pasar ikan di pinggir sungai cukup menarik dengan pemandangan yang bagus. Karena itu, pasar milik pemkab itu sebaiknya dikembangkan sebagai destinasi wisata alternatif. Tidak hanya sekadar menjual ikan.

Komisi B DPRD Sidoarjo melihat ada potensi besar jika kawasan tersebut ditata infrastrukturnya untuk menarik pengunjung. “Masih butuh polesan. Selama ini kurang perhatian,” kata Dhamroni Chudlori.

Menurut dia, konsep untuk meningkatkan potensi pasar ikan dan berbagai hal. Misalnya, ada tempat kuliner nyaman yang dikhususnkan menu ikan. Selain itu, akses infrastrukturnya juga harus dibenahi agar masyarat mau datang untuk sekadar menikmati aneka kuliner. “Banyak yang bisa dikembangkan agar pasar ikan menjadi daya tarik wisata,” terangnya. 

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menilai, tidak hanya Dinas Perikanan yang memiliki tanggung jawab, tetapi organisasi perangkat daerah (OPD) lain juga bisa berkolaborasi untuk mengembangkan kawasan tersebut. Mulai dari perbaikan jalan, akses wisata hingga infrastruktur penunjang di dermaga yang ada di kawasan itu. “Pariwisatanya juga bisa dikembangkan jika ingin banyak pengunjung,” ujarnya. 

Dhamroni Chudlori menambahkan, dermaga yang ada di kawasan pasar ikan Lingkar Timur juga bisa dipercantik. Kapal kecil yang berlabuh juga bisa mampir untuk menikmati fasilitas di pasar ikan. “Bisa buat santai, tapi ya harus dibenahi,” ucapnya. 

Sebagai wilayah yang dikenal dengan Kota Delta, pengembangan wisata laut juga sangat penting. Nah, pengembangan dermaga dan panambahan kapal menjadi salah satu penunjang wisata laut di kawasan tersebut. “Harus duduk bersama untuk bisa mengembangkan potensi yang dimiliki Sidoarjo,” katanya.

Bambang Suroso, warga Gedangan, sependapat dengan usulan Komisi B agar Pasar Ikan di bisa dikembangkan sebagai salah satu jujukan wisatawan. Selama ini kawasan Lingkar Timur belum ada tempat nongkrong atau rekreasi yang memadai. “Adanya cuma wisata pemancingan di Desa Prasung. Tapi yang di pinggir jalan raya belum ada,” kata penggemar mancing ini.

Karena itu, Bambang berharap ada tempat wisata kuliner yang menyediakan aneka hasil laut dan tambak dari Kota Delta. Ikan-ikan segar itu bisa dinikmati di sekitar pasar ikan. “Ini sekaligus untuk meramaikan kawasan Lingkar Timur,” katanya. (vga/rek) 

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia