Selasa, 20 Aug 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Disidak Risma, Bantaran Kali Jagir akan Dipercantik

17 Maret 2019, 07: 00: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

Giat: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat melakukan sidak bantaran sungai Jagir,  Jalan Ngagel, Sabtu (16/3) siang.

Giat: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat melakukan sidak bantaran sungai Jagir, Jalan Ngagel, Sabtu (16/3) siang. (GINANJAR ELYAS SAPUTRA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, tak hanya ingin mengoptimalkan taman-taman utama saja. Dia juga  ingin bantaran sungai yang melintasi dalam kota pun dihijaukan untuk  mempercantik wajah Kota Pahlawan. 

Salah satu bantaran sungai yang ingin dioptimalkan menjadi taman,  terletak di dekat Pintu Air Jagir. Saat sidak dikawasan tersebut, Risma sempat  menyusuri bantaran dan mengamati kondisi jalan yang lebarnya kurang lebih 1,5 meter,  dan terdapat lahan kosong selebar 1 meter di sisi kanan kirinya. Jalan ini masih kosong, hanya ada pohon-pohon saja yang terletak di samping kiri dan kanannya. “Iki kan ombo lahane, iso di gawe taman (Ini kan tanahnya agak luas, bisa dibuat taman). Sebelah sini bisa juga dikasih kursi,” kata Risma saat dilokasi, Sabtu (16/3).

Tak hanya ingin ditanami pohon dan diberi kursi, Risma meminta Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) untuk memberikan mainan anak-anak seperti ayunan dan jungkat-jungkit. Untuk menjaga keamanan, ia ingin ada tambahan pagar di pinggir sungai agar aman.  Tujuannya, agar warga Surabaya betah untuk berwisata di kotanya sendiri. “Sebetulnya ini bukan hanya untuk mempercantik, tetapi juga bagaimana kemudian ada investasi yang kami berikan. Kita tidak merubah apa-apa, hanya mempercantik dan memanfaatkan yang sudah ada,” kata Risma.

Sedangkan untuk taman di Jalan Ngagel, juga  akan dipercantik dengan aneka bunga warna-warni lengkap dengan ornamen lampu hias. “Sebetulnya ini bukan hanya untuk mempercantik, tapi bagaimana kemudian ada investasi yang kita keluarkan, kita kan merawat taman ini, tapi bisa kemudian memberikan dampak positif ke masyarakat,” ujarnya.

Upaya lainnya, adalah dengan mempercantik  jogging track yang berada di sepanjang bibir sungai hingga arah Jembatan Ujung Galuh. Serta menambah objek wisata perahu, seperti di Sungai Kalimas “Kalau selama ini hanya di Kalimas, yang di Ngagel ini mungkin bisa kita gunakan (wisata perahu) sampai ke Kayoon,” tutupnya.

Dengan begitu, kedatangan masyarakat luar Surabaya  akan berimbas pada sektor ekonomi. Para pedagang di sekitar taman, bisa memperoleh penghasilan dari kunjungan mereka, sehingga hal ini berpotensi menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Surabaya. “Karena itu, ini saya coba menghidupkan taman-taman atau potensi yang bisa kita kembangkan untuk menjadi wisata,” tambahnya.(gin/nug)

(sb/gin/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia