Jumat, 18 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Dewan Pertanyakan Guru K2 Tak Lolos Rekrutmen PPPK

16 Maret 2019, 13: 44: 32 WIB | editor : Wijayanto

DIPERTANYAKAN: Komisi IV saat melakukan dialog dengan Kementerian PAN-RB

DIPERTANYAKAN: Komisi IV saat melakukan dialog dengan Kementerian PAN-RB (ISTIMEWA)

Share this      

GRESIK – Komisi IV DPRD Gresik mempertanyakan kompetensi guru kategori 2 (K2) yang tidak lolos seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) pupus sudah. Pasalnya, dari hasil konsultasi yang dilakukan Komisi IV DPRD Gresik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara – Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menolak menurunkan passing grade.

Anggota Komisi IV DPRD Gresik Noto Utomo mengatakan pihaknya sudah menyampaikan keluhan guru K2 kepada Kemenpan-RB. Hasilnya mereka tidak mau menurunkan passing grade seleksi PPPK. “Selain karena aturannya tidak ada, passing grade untuk seleksi PPPK kemarin sudah sangat rendah,” ujarnya.

Dikatakan, rendahnya passing grade yang ditetapkan untuk seleksi PPPK kemarin saja sempat ditolak Kemendikbud. Sehingga, sudah tidak mungkin lagi nilai passing grade untuk dilakukan penurunan. “Kalau passing gradenya rendah kasihan muridnya. Karena gurunya tidak kompeten,” terangnya.

Kemenpan-RB memberikan solusi kepada guru K2 yang tidak lolos seleksi PPPK untuk ikut seleksi PPPK selanjutnya. Bagi yang masih di bawah 35 tahun juga bisa ikut tes CPNS. “Tapi untuk seleksi PPPK selanjutnya tidak dikhususkan kepada guru K2, tetapi dibuka untuk umum,” ungkap dia.

Sebelumya, pelaksanaan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) telah selesai dilakukan. Hasilnya, ada puluhan peserta yang gagal memenuhi passing grade dan dinyatakan tidak lolos. Total peserta PPPK yang tidak lolos seleksi sebanyak 83 orang. Dengan rincian, 81 orang merupakan peserta dari kategori guru K2 dan 2 orang dari kategori tenaga kesehatan.

Sedangkan untuk peserta yang lolos dari kategori guru K2 sebanyak 168 orang dan dari kategori tenaga pendidik sebanyak 31 orang. Sedangkan untuk peserta dari kategori penyuluh pertanian sebanyak 34 orang semuanya dinyatakan lulus seleksi. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia