Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Bidik Ekspatriat, Hotel di Kota Pudak Gandeng Travel

16 Maret 2019, 13: 32: 05 WIB | editor : Wijayanto

KUNJUNGAN TAMU: General Manager Hotel Santika Tjatur didampingi staf saat berkunjung ke Radar Gresik.

KUNJUNGAN TAMU: General Manager Hotel Santika Tjatur didampingi staf saat berkunjung ke Radar Gresik. (YUDHI DWI ANGGORO/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Pebisnis perhotelan di Gresik berinovasi menggandeng travel dan agen perjalanan wisata untuk mendongkrak okupansi hunian kamar hotel. Kerjsama itu untuk memasarkan paket menginap dengan kunjungan ke destinasi wisata di Gresik.

General Manager Santika Hotel Gresik, Tjatur Prasetya mengatakan, Gresik memiliki banyak destinasi wisata yang bisa dikolaborasikan dengan bisnis perhotelan. Salah satunya destinasi wisata kepulauan Bawean.

“Tamu asing yang melihat pemandangan alam Bawean akan tertarik datang ke Gresik. Kami sedang mencari travel agen yang bisa diajak kolaborasi untuk menyiapkan berbagai akomodasi tamu hotel yang akan kesana,” ujarnya.

Dijelaskan, kolaborasi travel agen dan pelaku bisnis perhotelan banyak dilakukan di daerah wisata seperti Bali, Bandung, Jogja dan Lombok. Umumnya pihak travel akan menjajakan paket perjalanan wisata beserta lokasi menginap yang representatif bagi tamu.

“Kami optimis apabila pariwisata Bawean ini dikemas dengan baik akan mendatangkan banyak tamu ekspatriat (asing) ke kota Gresik. Tentu hal ini bisa menjadi peluang bagi kami untuk menawarkan paket menginap,” jelasnya.

Hal yang sama disampaikan, General Manager Pesonna Hotel, Joko S Widiyatmo. Dia mengungkapkan, pihaknya sudah lebih dahulu melakukan strategi menggandeng travel agen untuk mendorong okupansi kamar. Salah satunya dengan menggandeng travel agen untuk wisata religi di Gresik.

“Sedangkan untuk paket wisata ke Bawean, meskipun tidak sebanyak yang kami targetkan namun setiap tahun tetap ada,” jelasnya.

Untuk hal ini, Joko mengaku dirinya menggandeng salah satu travel agen asal pulau putri. Paket wisata yang ditawarkan beragam mulai dari harga Rp 1,5 juta hingga Rp 4 juta.

“Biasanya tamu chekin dan menitipkan barangnya disini. Selanjutnya keesokan harinya akan ke pulau Bawean. Rata-rata paket yang dipilih selama 3 hari dengan perjalanan wisata selama satu hari penuh,” tandasnya. (fir/ris)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia