Sabtu, 14 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Rekrutmen CPNS Tahun Ini Mengganti ASN yang Pensiun

15 Maret 2019, 18: 37: 15 WIB | editor : Wijayanto

Kepala BKD Jatim Anom Surahno

Kepala BKD Jatim Anom Surahno (DOK/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) berencana membuka kembali lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini. Hal ini dibenarkan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur. “Memang benar. Namun masih tabulasi, menghitung berapa kebutuhan formasi masing-masing OPD (organisasi perangkat daerah),” jelas Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur, Anom Surahno.

Mantan Kepala Biro Administrasi Pemerintahan Setda Prov Jatim ini menyebut proses menuju tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) masih cukup panjang. Setelah melakukan tabulasi selanjutnya melakukan pembahasan dengan Kemenpan RB untuk kemudian ditetapkan berapa formasi di Pemprov Jatim. “Pada prinsipnya penyelenggaraan tetap Kemenpan RB dan BKN,” ujarnya.

Anom mengatakan untuk kuota juga belum ditentukan. Pastinya, disesuaikan dengan kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).  Hingga tahun lalu jumlah aparatur sipil negara (ASN) Jatim yang pensiun mencapai 2.400 orang. Sedangkan kuota yang disediakan Kemenpan RB pada CPNS tahun 2018 baru 1.971 formasi. Artinya masih ada sekitar 400 lebih formasi yang kosong.  Jumlah ini kemungkinan besar bertambah karena adanya ASN yang pensiun tahun ini. “Kami menganut prinsip zero growth yakni yakni tidak ada penambahan ASN baru, hanya mengganti mereka yang memasuki masa pensiun. Misal pensiun 100 orang, yang diganti 100 orang juga,” paparnya.

Diketahui Kemenpan RB menyebutkan kebutuhan CPNS untuk tahun 2019 sebanyak 85.536 orang. Kebutuhan ASN tahun ini, tidak hanya dipenuhi melalui proses seleksi CPNS. Namun, juga melalui seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Untuk kebutuhan prioritas pada tahun ini, difokuskan untuk sektor tenaga pendidikan dan kesehatan. Pasalnya pensiunan ASN tahun ini yang tercatat sebanyak 157.386 orang, masih didominasi pensiunan dari kedua sektor tersebut. Selain itu perekrutan ASN nantinya tidak lagi akan merekrut untuk jabatan-jabatan adminsitratif yang saat ini jumlahnya sudah mencapai 38 persen dari total keseluruhan ASN. (mus/rtn)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia