Jumat, 26 Apr 2019
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Japanese Food, Giant Sushi Roll Beraneka Bahan

15 Maret 2019, 08: 12: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

BERUKURAN BESAR: Chef Mudlofir saat mendemokan cara pembuatan giant sushi.

BERUKURAN BESAR: Chef Mudlofir saat mendemokan cara pembuatan giant sushi. (AJI GUNAWAN/RADAR SURABAYA)

SURABAYA-Sushi, makanan khas Jepang ini memiliki tempat tersendiri bagi para pengemarnya. Biasanya sushi dihidangkan dalam bentuk kecil sehingga bisa dengan mudah masuk ke mulut. Namun, apa jadinya jika sushi dihidangkan dalam ukuran besar atau disebut dengan Giant Sushi. Seperti hal berbeda yang dilakukan salah satu hotel di kawasan Surabaya Pusat ini yang menyajikan sushi dalam ukuran besar.

Giant sushi yang berdiameter 16 centimeter yang dihadirkan dalam rangka Sushi Festival ini mempunyai rasa yang bervariasi. Perpaduan nori, minyak wijen, parutan lobak dan daging ayam sangat nikmat di lidah. Serta ukurannya yang besar dan bisa dimakan beramai-ramai. 

"Banyak makanan yang berukuran besar, tapi kalau sushi berukuran besar belum ada. Jadi kami membuatnya dan menjadikan ini menu andalan di bulan Maret," ujar executive chef  Mudlofir, Kamis (14/3).

Mudlofir menuturkan, giant sushi yang dia buat adalah jenis sushi maki yang terdiri dari komponen nori, nasi, daging ayam, sayuran dan alpukat digulung menjadi satu.

"Giant Sushi ini didalamnya ada enam sushi maki ukuran kecil lalu digulung lagi dengan nori dan nasi dengan ukuran lebih besar,”imbuhnya. 

Untuk sushi ini, Mudlofir  menggunakan bahan nasi Jepang. Namun bila tidak memiliki nasi Jepang bisa menggunakan nasi biasa yang ketika masak di campur dengan bubuk agar-agar berwarna putih. “Komposisinya setiap satu kilogram beras dicampur dengan dua bungkus bubuk agar-agar dan dimasak menggunakan rice cooker," pungkasnya. (aji/nur)

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia