Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Gresik

Bajak Sawah saat Hujan Lebat, Petani Tewas Tersambar Petir

14 Maret 2019, 17: 04: 22 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi

Ilustrasi (NET)

Share this      

GRESIK - Hujan disertai angin kencang yang terjadi Rabu (13/3) lalu membawa duka mendalam bagi warga yang tinggal di Dusun Gadel, Desa Pacuh, Kecamatan Balongpanggang, Gresik. Pasalnya, salah satu warga bernama Moch Anshori, 36, tewas tersambar petir setelah nekat membajak sawah saat hujan lebat turun.

Subagio, 49, salah satu tetangga korban mengatakan, kejadian ini bermula saat korban pamit ke pihak keluarga untuk pergi ke sawah pada pukul 16.00. Karena hujan lebat turun, keluarga berusaha mencegah.

Namun, korban tetap melanjutkan perjalanan ke sawah dengan alasan khawatir sawahnya banjir. "Korban cemas sawahnya banjir karena baru saja dipanen. Sehingga dia tetap bersikeras pergi ke sawah," ujarnya.

Keluarga mulai cemas lantaran hingga pukul 19.00, korban tidak kunjung pulang dari sawah. Akhirnya, anggota keluarga dibantu warga berinisiatif untuk mencari keberadaan korban di sawah.

Upaya pencarian yang berlangsung selama hampir dua jam membuahkan hasil. Korban ditemukan tewas dengan kondisi terlentang di sawahnya pada pukul 20.00. "Melihat korban tewas, kami langsung menghubungi kepala desa dan meneruskan informasi ke kepolisian," jelasnya.

Kapolsek Balongpanggang AKP Tulus mengatakan, melihat tanda-tanda di tubuhnya, diduga korban tewas disambar petir. Meskipun demikian, keluarga menolak untuk dilakukan otopsi pada jenazah korban. "Kami mellihat ada luka di bagian kepala dan leher yang kami duga tersambar petir. Keluarga sudah ikhlas dan menganggap ini musibah," kata Kapolsek.

Terpisah, Camat Balongpanggang Yusuf Ansori menghimbau kepada masyarakat agar tidak membajak sawah saat hujan lebat turun. Hal ini untuk menghindari musibah tersambar petir seperti yang dialami Anshori. "Kami sudah mendatangi rumah duka dan menyampaikan bela sungkawa. Kami juga sampaikan kepada warga agar tidak membajak sawah saat hujan," katanya. (fir/jay)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia