Rabu, 21 Aug 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo
Inovasi Satlantas Polresta Sidoarjo

Giliran Ujian Praktik SIM A Pakai Sensor

14 Maret 2019, 14: 06: 00 WIB | editor : Wijayanto

INOVASI: Ujian praktek SIM C dan SIM A di halaman Satlantas Polresta Sidoarjo yang telah menggunakan sensor.

INOVASI: Ujian praktek SIM C dan SIM A di halaman Satlantas Polresta Sidoarjo yang telah menggunakan sensor. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Usai menerapkan ujian SIM C dengan sensor, kini Satlantas Polresta Sidoarjo menerapkan inovasi serupa untuk ujian praktik SIM A. Kemarin (13/3), mobil yang dikhususkan digunakan untuk praktik langsung diaplikasikan di rute yang sudah dipasang sistem sensor ultrasonik.

Kasatlantas Polresta Sidoarjo Kompol Fahrian Saleh Siregar mengatakan, Inovasi Sidoarjo Smart Driving Test (SSDT) sudah diterapkan untuk kendaraan roda dua. Sedangkan kendaraan dengan SIM A sudah diujicobkan meski masih butuh pembenahan. “Masih butuh penyempurnaan dengan matang,” katanya.

Inovasi SSDT dengan sensor ultrasonik dilengkapi dengan lampu rotator. Sensor akan bekerja saat pengendara akan melakukan praktik SIM. Jika pengendara melewati batas sensor yang ditentukan, maka secara otomatis akan memantulkan bunyi atau suara.

Fahrian mengungkapkan, sensor akan menunjukkan nilai dan tertera pada sistem komputer operator yang koneksi dengan sensor di lapangan. Ada sekitar 29 sensor ultrasonik yang terpasang di beberapa titik lokasi praktik SIM. “Kami ingi masyarakat lebih serius dalam praktik SIM,” ujarnya.

Menurut dia, adanya sensor ultrasonik sekaligus menjawab banyaknya keluhan masyarakat terkait kepengurusan SIM. Khususnya praktik pembuatan SIM. Harapannya, nilai dari ujian praktik yang langsung diberikan dari sistem di komputer bisa sebagai bentuk tranparansi. “Kami tidak persulit,” terangnya.

Di lokasi ujian praktik SIM terdapat beberapa model lintasan. Lintasan lurus, lintasan zig-zag, lintasan angka delapan, dan lintasan putar balik. Selain sensor ultrasonik, juga dilengkapi dengan traffic cone. (vga/rek)

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia