Senin, 22 Jul 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Setahun PMI Targetkan 36 Ribu Kantong Darah

13 Maret 2019, 17: 10: 35 WIB | editor : Wijayanto

SUKARELA: Petugas UTD PMI Sidoarjo melayani para pendonor di kantor UTD PMI Sidoarjo.

SUKARELA: Petugas UTD PMI Sidoarjo melayani para pendonor di kantor UTD PMI Sidoarjo. (LUKMAN ALFARISI/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Sidoarjo membutuhkan setidaknya 100 hingga 150 kantong darah setiap harinya. Jumlah tersebut untuk memenuhi permintaan darah yang cukup banyak setiap harinya.

Manager Kualitas UTD PMI Sidoarjo Muhammad Asiq Yusak mengatakan, permintaan kantong darah memang banyak. Namun stok darah di UTD PMI Sidoarjo sejauh ini masih terbilang stabil. “Alhamdulillah hingga saat ini stoknya aman,” katanya.

Dia menambahkan, partisipasi masyarakat Sidoarjo terbilang sangat tinggi untuk mendonorkan darahnya. Bahkan, setiap harinya lebih dari 100 orang pendonor yang berhasil lolos untuk diambil darahnya. “Jadi mulai awal tahun hingga maret masyarakat yang melakukan donor cukup tinggi,” terangnya.

Menurut dia, UTD PMI Sidoarjo melakukan sosialisasi donor darah melalui tiga cara. Di antaranya, melalui posko donor darah di GOR Sidoarjo, melalui sosialisasi ke instansi perusahaan dan pendidikan serta pelayanan di kantor UTD PMI Sidoarjo. “Sebanyak 50 persen kantong darah kita dapatkan dari pelayanan di GOR,” kata Yusak.

Sementara itu, masyarakat yang datang langsung ke UTD PMI sekitar 10-15 pendonor setiap harinya. Sedangkan, 30-40 pendonor diperoleh dari hasil pelayanan ke instansi pendidikan hingga perusahaan.

Untuk tahun ini, kebutuhan darah mencapai 36 ribu kantong darah. Untuk itu, dia menargetkan 100 pendonor setiap harinya. Januari lalu UTD PMI Sidoarjo berhasil memperoleh 32 ribu kantong darah.

Untuk saat ini, Whole Blood (WB) sudah memperoleh 329 kantong darah, 81 kantong untuk golongan A, 116 untuk golongan B, 17 kantong untuk golongan AB dan 115 untuk O. “Paling banyak saat ini packed red cells (sel darah merah) sudah dapat 730 kantong,” pungkasnya. (far/nis)

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia