Senin, 22 Jul 2019
radarsurabaya
icon featured
Sportainment Surabaya

Main Kacamata Lawan PS Tira, Persebaya Juara Grup A

13 Maret 2019, 14: 59: 14 WIB | editor : Wijayanto

MENURUN: Amido Balde (tengah) tampil tidak seperti biasanya saat menghadapi PS Tira-Persikabo di Stadion Jalak Harupat, Selasa (12/3).

MENURUN: Amido Balde (tengah) tampil tidak seperti biasanya saat menghadapi PS Tira-Persikabo di Stadion Jalak Harupat, Selasa (12/3). (ISTIMEWA/PERSEBAYA)

Share this      

BANDUNG - Persebaya Surabaya memastikan diri lolos ke perempat final Piala Presiden 2019 dengan menjadi juara Grup A, setelah Amildo Balde dan kawan-kawan menahan imbang PS Tira Persikabo dengan skor 0-0, di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupatan Bandung, Selasa (12/3).

Hasil imbang itu cukup menempatkan Persebaya sebagai juara Grup A. Poin Persebaya memang sama dengan koleksi Tira Persikabo yakni tujuh  angka hasil dari dua kemenangan dan sekali seri. Selain itu, selisih gol juga sama yakni surplus dua  gol. Namun, dalam aturan berikutnya, Persebaya unggul dalam jumlah gol memasukkan. Persebaya mencetal enam gol, sementara Tira Persikabo mengoleksi lima  gol. Berdasar itu, Green Force - julukan Persebaya, yang berhak melaju ke perempat final. Sementara, Tira Persikabo harus puas sebagai runner-up.

Tira Persikabo meski harus puas sebagai runner-up Grup A, tetap lolos ke babak perempat final. Arnaud dan kawan-kawan  menjadi satu dari tiga runner-up terbaik. Dari klasemen sementara runner-up terbaik, Tira Persikabo berada di posisi pertama dengan tujuh  angka. Sementara, peringkat empat  adalah Arema FC dengan tiga  poin. Meski Arema FC pada laga pamungkas meraih kemenangan, koleksi poin mereka tak mampu menyamai Tira Persikabo.

Keberhasilan Persebaya menahan imbang tanpa gol Tira Persikabo tak lepas dari penampilan heroik dari kiper Abdul Rohim. Sejumlah penyelamatan gemilang dilakukan eks kiper PSMS Medan tersebut. Puncaknya Rohim mampu menggagalkan tendangan penalti dari striker asal Prancis, Loris Arnaud.

Eks striker Paris Saint-Germain (PSG) itu hanya bisa terbengong melihat tendangan kerasnya mampu ditepis Rohim. Bahkan, setelah itu, beberapa kali penyelamatan gemilang mampu dibuat Rohim.

Secara keseluruhan, performa Persebaya dalam laga melawan Tira Persikabo kurang gemilang. Bahkan, Tira Persikabo yang dilatih Rahmad Darmawan mampu lebih dominan. Arnaud dan kawan-kawan tampil menekan dan memiliki banyak peluang.

Dalam laga tersebut, Djadjang Nurdjaman baru memainkan playmaker Damian Lizio pada babak kedua menggantikan Rendi irwan. Masuknya Lizio sedikit membawa pengaruh. Namun, Tira Persikabo telanjur percaya diri meski gagal mencetak gol.

Pastinya Persebaya pantas berterima kasih kepada kiper Abdul Rohim. Berkat penampilan gemilangnya, Green Force mampu menahan imbang Tira Persikabo dan menjadi juara Grup A serta menggenggam tiket perempat final Piala Presiden 2019.(sam/saf/jpc/rak)

(sb/sam/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia