Kamis, 23 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

TL dan Halte Diserahkan ke Dishub, DLHK Evaluasi 200 PJU

09 Maret 2019, 12: 46: 56 WIB | editor : Wijayanto

SEPI: Halte di Pondok Jati yang diusulkan didirikan penerangan jalan umum (PJU).

SEPI: Halte di Pondok Jati yang diusulkan didirikan penerangan jalan umum (PJU). (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo berencana menambah penerangan jalan umum (PJU) sebanyak 180-200 titik pada 2019. Jalan kabupaten yang minim penerangan jadi prioritas.

Kepala DLHK Sidoarjo Sigit Setyawan mengatakan, rencana penambahan PJU pada 2019 akan dievaluasi di 180-200 titik PJU yang diusulkan. Jalan yang masih gelap dan rawan jadi prioritas DLHK untuk menambah PJU. “Terutama di jalan kabupaten," katanya, Jumat (8/3).

Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) ini menegaskan, pihaknya juga akan berkomunikasi dengan DPRD Sidoarjo terkait usulan penambahan PJU. Koordinasi tersebut dilakukan agar pemasangan PJU dengan biaya APBD tersebut tepat sasaran. "Titik mana saja yang paling membutuhkan, itu yang jadi prioritas,” imbuhnya.

Saat ini terdapat 34.316 PJU yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Di antaranya, 28.462 titik PJU yang sudah dibangun dengan biaya APBD Sidoarjo. Sisanya, dari Prasarana Sarana Utilitas (PSU) penyerahan pengembang, pembangunan mandiri, non-PJU serta PJU solar cell dari Kementrian ESDM.

Sigit menyatakan akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) terkait penyerahan PJU. Bukan penerangan secara total. Contohnya, traffic light serta lampu halte. Nantinya pengelolaan serta pemeliharaan non PJU tersebut diserahkan ke dishub. “Menunggu PAK (perubahan anggaran keuangan) karena dari sisi anggaran dishub belum siap,” ucapnya.

Selain itu, PJU yang bukan berada di jalan kabupaten, provinsi, dan nasional juga akan diserahkan ke kecamatan. Misalnya, PJU di jalan lingkungan nantinya bisa dikelola pemerintah desa atau kecamatan. (vga/rek)

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia