Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Patung Suroboyo, Jadi Ikon Pesisir dan Jujukan Berswafoto

08 Maret 2019, 08: 00: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

SEMAKIN LENGKAP: Suasana kawasan pesisir pantai Nambangan dengan Patung Suroboyo yang masih dalam tahap pembangunan di kawasan Bulak, Surabaya.

SEMAKIN LENGKAP: Suasana kawasan pesisir pantai Nambangan dengan Patung Suroboyo yang masih dalam tahap pembangunan di kawasan Bulak, Surabaya. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA – Pengembangan wisata pesisir pantai Kenjeran sedang dilakukan. Beberapa wisata seperti pesisir pantai, Sentra Ikan Bulak (SIB), Jembatan Suroboyo, Taman Suroboyo, Kampung Nelayan dan salah satunya adalah Patung Suroboyo.

Patung Suroboyo yang sudah dalam tahap pembangunan 90 persen tersebut diprediksi akan menjadi jujukan tempat berswafoto. Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, patung tersebut menjadi salah satu daya tarik wisatawan. “Jadi nanti itu view (pemandangan, Red) langsung ke pantai kenjeran, dan Patung Suroboyo,” jelasnya, Kamis (7/3).

Patung Suroboyo ini berukuran super besar, tingginya mencapai 20 meter. Yang dipasang di atas tatakan pondasi setinggi 5,6 meter. Patung ini bahkan disebut yang paling besar di antara patung lambang Surabaya yang sudah ada. Yaitu di depan Kebun Binatang Surabaya dan juga yang ada di Skate Park di belakang Monumen Kapal Selam Surabaya.

Monumen patung Suroboyo ini berukuran tiga kali lebih besar dibandingkan patung monumen lambang kota yang sudah ada. Dibangunnya patung tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya juga berencana membuat cable car atau kereta gantung. 

Eri menjelaskan, nantinya pengunjung dapat berswafoto dengan background dari atas sembari melihat suasana pesisir Kenjeran dan Patung Suroboyo. Selain itu pengunjung juga bisa berwisata di sekitar Taman Suroboyo. 

“Jadi kami tuntaskan dulu ini pengerjaanya, baru kita lakukan penataan di lantai dua SIB, sehingga para pengunjung bisa berdiri di sana dan foto selfie dengan latar belakang patung di Taman Suroboyo. Nanti bisa ada view bagus yaitu Patung Suroboyo," tutupnya. (gin/nur)

(sb/gin/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia