Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Polisi Amankan Tiga Gudang Logistik Pemilu 2019

06 Maret 2019, 14: 19: 44 WIB | editor : Wijayanto

PENGAWASAN: Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho (kiri) bersama Sekretaris KPU Sidoarjo Sulaiman memantau proses pelipatan kertas suara di

PENGAWASAN: Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho (kiri) bersama Sekretaris KPU Sidoarjo Sulaiman memantau proses pelipatan kertas suara di gudang Desa Lebo, Selasa (5/3). (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Sebanyak 236 lembar surat suara DPR RI ditemukan rusak saat penyortiran dan pelipatan. Surat suara tersebut ditemukan dalam keadaan rusak, sobek, dan kusut di gudang penyipanan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Desa Lebo, Kecamatan Sidoarjo.

Ketua KPU Sidoarjo Mokhammad Zainal Abidin mengatakan, surat suara untuk DPR RI sebagian sudah datang di gudang Lebo. Surat suara sudah mulai disortir dan dilipat oleh 225 pekerja. “Ada sejumlah surat suara yang tidak layak,” katanya.

Dia mengungkapkan, surat suara yang rusak tersebut disebabkan sejumlah faktor. Mulai dari pengepakan yang kurang sempurna hingga percetakan yang membuat surat suara kusut. “Kondisi surat suara mayoritas sudah baik dan sesuai,” terangnya.

Menurut Zainal, pelipatan surat suara dilakukan pertama kali untuk surat suara DPR RI. Dilanjutkan surat suara DPRD Sidoarjo yang dijadwalkan hari ini (6/3). Surat suara yang rusak akan disimpan untuk nantinya diganti dengan surat suara pengganti yang sudah disediakan. “Jumlah pengganti surat suara harus sesuai. Ada laporannya yang akan kami sampaikan ke pusat,” ujarnya.

Surat suara DPR RI dan surat suara presiden-wakil presiden nantinya ditempatkan di gudang KPU Sidoarjo di Desa Lebo. Sedangkan surat suara DPD dan DPRD Provinsi Jawa Timur akan disimpan di gudang di Desa Prasung, Kecamatan Buduran. Sedangkan untuk surat suara DPRD Sidoarjo disimpan di gudang kantor KPU Sidoarjo, Jalan Raya Cemengkalang.

Sementara itu, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho kemarin melakukan pemantauan logistik surat suara di gudang Lebo. Dia berencana menambah personel pengamanan di tiga gudang penyimpanan surat suara. Saat ini, ada 10 personel yang menjaga setiap gudang dengan mekanisme tiga shift. “Untuk mencegah orang yang tidak berkepentingan datang ke gudang,” katanya.

Mantan Sekpri Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian ini menegaskan, pemantauan kedatangan surat suara terus dilakukan. Jumlah surat suara yang semakin banyak akan terus dipantau oleh personel di masing-masing gudang. “Kita ingin pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan dengan lancar,” ujarnya. (vga/rek)

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia