Selasa, 16 Jul 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Ubah Stigma Negatif Masyarakat Tentang Penyakit Mental

05 Maret 2019, 08: 00: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

BAWA PESAN POSITIF: Mahasiswa Universitas Ciputra menunjukkan hasil kreasi webcomic Petualangan Menuju Sesuatu di sela-sela pameran di Food Society, P

BAWA PESAN POSITIF: Mahasiswa Universitas Ciputra menunjukkan hasil kreasi webcomic Petualangan Menuju Sesuatu di sela-sela pameran di Food Society, Pakuwon Mall. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Penyakit mental atau psikologis masih dianggap sesuatu yang kurang diperdulikan bahkan dikucilkan oleh masyarakat. Stigma negatif tersebut masih melekat kuat, padahal mereka membutuhkan bantuan untuk berobat dan bisa sembuh. 

Keinginan untuk membantu orang dengan gangguan mental inilah yang membuat empat siswa dari Universitas Ciputra (UC) Surabaya menciptakan webcomic Petualangan Menuju Sesuatu ini. Mereka adalah Daniel, Samantha Teonata, Michelle Jasmine dan Livia Angelica. 

“Di Indonesia itu anehnya gini, kalau sakit fisik, misalnya jatuh lecet, maka orang lain bilang ayo ke rumah sakit, kita sembuhin. Kalau orang sakit mental, depresi dan sebagainya, maka orang malah dibilang alay, lu apa sih bro, gitu aja galau. Malah terkadang di-bullly", kata Daniel, mahasiswa semester empat jurusan desain grafis. 

Suatu hal yang ironis memang, saat ini kesehatan mental masih dianggap sepele. Malah terkadang dianggap sebagai kelemahan. Padahal, hal ini kerap terjadi di sekitar kita. Yang jika terus menerus dibiarkan, muaranya bisa menyebabkan keinginan untuk bunuh diri. Padahal, kunci dari penderita penyakit mental, lebih spesifik depresi ini hanyalah didengarkan, bukan dihakimi.

Webcomic ini menceritakan sebuah tokoh iconic jelly lucu berbentuk gumpalan dengan background yang ceria berwarna oranye. Di dalam webcomic ini, si tokoh selalu berdialog dengan dirinya sendiri, tentang tujuan hidupnya, juga masalah-masalah berat yang ia hadapi. Dari perjalanan-perjalanan itu, si jelly menemukan jawaban, bahwa ternyata, semua orang pun memiliki masalah yang sama. 

Dalam setiap cerita, pembaca bisa mendapat pampering. Selain motivasi juga ada saran-saran yang baik agar lepas dari perasaan negatif yang berujung pada penyakit mental. Petualangan Menuju Sesuatu hadir sejak pertengahan tahun 2018 lalu di Instagram. Kini sudah ada 246 postingan dengan pengikut sudah mencapai 14 ribuan orang. 

Selain membantu memotivasi orang yang sedang struggling dengan masalah kesehatan mental, Daniel cs juga ingin membentuk kesadaran masyarakat tentang penyakit mental. Webcomic ini juga mereka jadikan sarana untuk membentuk komunitas baru."Biar orang yang baca itu tahu, mereka tidak sendiri. Mereka bisa curhat ke kita juga, melalui DM, dan kita sebagai pendengar," Imbuhnya. 

"Bukan hanya keinginan materiil, tapi kami ingin melawan stigma negatif terhadap penyakit mental ini. Kita bisa membicarakan itu (perasaan depresi, Red) dengan bebas, open dan tanpa judgement dari luar," tukasnya. (is/nur) 

(sb/is/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia