Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Gresik

19 SD di Gresik Siap Gelar USBK

01 Maret 2019, 13: 07: 08 WIB | editor : Wijayanto

PEMANASAN : 19 sekolah sudah dipastikan ikut USBK, tahun ini.

PEMANASAN : 19 sekolah sudah dipastikan ikut USBK, tahun ini. (DOK/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Gresik  berhasil melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Komputer ( USBK) untuk tingkat SD.  Rencananya, 19 sekolah yang ikut akan ikut dalam USBK  tahun ini.

Kepala Dispendik Gresik, Mahin mengatakan Dispendik sudah melakukan pendataan dan akhirnya 19  SD yang fix ikut USBK. Diantaranya, SDN Sidokumpul 1,2,3, SDN Kebomas dan lain sebagainya. “Sudah masuk ke data Mendikbud, nanti online. Untuk sekolah lainnya belum siap, tahun depan kami targetnya bertambah,” jelasnya.

Untuk persiapan USBK, Dispendik sudah menyalurkan 1.208 unit komputer ke sekolah. Komputer itu sudah didistribusikan ke 18 sekolah dasar dan 21 untuk SMP. Untuk sekolah SD sekitar 603 unit yang akan dibagikan kepada 18 lembaga. “Satu sekolah swasta yang ikut, dan cukup lengkap prasana mereka,” ungkapnya. Sisanya, 592 unit yang akan dibagikan untuk 21 lembaga. “Total anggarannya Rp 11,6 miliar,  dari Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp 10 miliar dan dari anggaran APBD Kabupaten Gresik sebesar Rp 1,6 miliar,” jelasnya.

Mahin optimistis uji coba USBK ini berjalan dengan lancar. “Sebenarnya, kami belum ada rencana USBK. Namun Kemenag waktu itu bilang mau menyelanggarakan, jadi mau tidak mau kami mengadakan saja. Gengsi kalau gak gelar juga,” kelakar Mahin.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Nur Muslicha menambahkan sekolah yang akan ikut USBK sudah disiapkan secara matang. “Sudah dilakukan pembinaan, siswa juga sudah banyak yang mengadakan try out,” ungkap Icha-sapaan Nur Muslicha. (han)

(sb/han/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia