Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Iso Ae

Rela Bayar Rp 147 Juta Demi Nikahi Janda

01 Maret 2019, 04: 25: 59 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi Iso Ae

Ilustrasi Iso Ae (GRAFIS: FAJAR KRISNA)

Share this      

Donwori, 58, bisa dibilang sosok pria berani dan bertanggung jawab. Masih punya istri, berani-beraninya ia kawin siri dengan janda. Ya untungnya ia bertanggung jawab. Ketika ketahuan dan akhirnya bercerai, ia mau bayar denda sebanyak yang diminta istri. 

Ismaul Choiriyah-Wartawan Radar Surabaya

Suatu siang di ruang tunggu Pengadilan Agama (PA) Klas 1A Surabaya. Saat itu Radar Surabaya sedang duduk mengobrol dengan salah seorang pengacara. Hingga kemudian si pengacara itu menyapa seorang pria yang baru saja menyelesaikan urusan pembayarannya di kasir.

“Jadi kena berapa, Pak?” tanya si pengacara. Donwori bukanlah klien si pengacara. Hanya saja sebelumnya ia sempat berkonsultasi. “Rp 147 juta. Padahal awale cuma Rp 40-an juta, “ jawab bapak-bapak berperawakan tambun itu. 

Ia kemudian ikut duduk dan mulai menceritakan bagaimana akhirnya harus membayar denda sebesar itu. Kalau kata Donwori tadi, semua itu gara-gara hakim yang menaik-naikkan dendanya. Meski awalnya Donwori mengeluh, namun akhirnya ia turuti saja prosedurnya. Asalkan urusan perceraiannya cepat rampung. “Gak opo wis. Sing penting cepet cerai. Cepet bisa sah secara hukum dengan Sephia ,” paparnya. 

Ceritanya, Donwori merupakan pensiunan PNS. Sehari-hari hanya mengandalkan uang pensiunan saja, ia kemaruk. Di usia yang tak lagi muda, ia kecantol dengan janda kaya raya. Namanya Sephia, 44, hingga akhirnya menikah diam-diam, secara siri. Kalau kata pak pengacara sih, Sephianya Donwori ini cantik dan semlohai. Entah dia tahu dari mana.

Kalau kata Donwori, inilah yang membuat denda yang harus ia bayarkan begitu tinggi. Karena ketika bercerai posisinya ia sudah menikah lagi. Jadi, istilahnya, ia menyakiti Karin, istrinya. Itu jugalah yang menyebabkan hakim terus menerus menaikkan dendanya hingga ratusan juta itu. Tapi toh, agaknya didenda segitu banyak, Donwori tetap woles. Apakah untuk bayar denda itu dari uang tabungan atau dari janda kayanya, ya entahlah. Radar Surabaya takut terlalu kepo. Meskipun wartawan harusnya kepo. 

Dengan santai, Donwori mengungkap alasannya menikah lagi. Katanya, ia sudah tidak cinta lagi dengan Karin. Sesimpel dan semenyakitkan itu. Eh kebetulan ada janda available yang jatuh cinta kepadanya. Klop sudah. Akhirnya keduanya sepakat untuk menikah secara siri.

“Aku ya kasihan sama istri. Gimana pun dia ibuke anak-anak. Makanya, aku juga mau saja bayar denda segitu. Setidaknya nebus rasa bersalahku lah. Juga biar cepet gol sama Sephia,” tukasnya cengar-cengir. (*/opi)

(sb/is/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia