Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Surabaya
Jadi Public Space Baru di Tengah Kota

Risma Bangun Alun-Alun Suroboyo di Kompleks Balai Pemuda

28 Februari 2019, 17: 57: 29 WIB | editor : Wijayanto

TAMBAH PRASARANA: Lokasi di seberang gedung Balai Pemuda dekat Hotel Garden yang akan dibangun Alun-Alun Surabaya.

TAMBAH PRASARANA: Lokasi di seberang gedung Balai Pemuda dekat Hotel Garden yang akan dibangun Alun-Alun Surabaya. (ISTIMEWA/BAPPEKO SURABAYA)

Share this      

SURABAYA – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berencana membangun public space baru yang akan diberi nama Alun-Alun Suroboyo, di Jalan Pemuda, Surabaya. Hal ini seiring skema pembangunan Gedung Balai Pemuda yang menyambung dari sisi Barat ke Timur.

Risma menginisiasi membuat tempat publik baru tersebut. Pihaknya mengatakan, di lantai satu Basemen Balai Pemuda akan dibuatkan tempat khusus produk kuliner khas Surabaya. Sedangkan di lantai dua akan di buat parkir basement.

“Jadi ada eskalatornya, ada lift-nya untuk disabilitas. Kalau dari sisi barat ke timur bisa gandeng kan luas, itu nanti terhubung sampai ke bawah,” jelasnya, Rabu (27/2).

Tidak hanya itu saja, Risma juga akan membuat patung Sawunggaling Joko Berek di Alun-Alun Suroboyo di tanah seluas 2.000 meter persegi itu.

Fasilitas menarik lainnya, Risma menjelaskan, Alun-Alun Suroboyo bakal menjadi tempat kongkow asik untuk warga Surabaya dan juga terdapat sebuah tempat pentas kesenian yang dibuat menyerupai tribun. 

“Nanti kayak ada teater kecil gitu, bisa pentas disitu. Ini konsepnya bukan taman, tapi Alun-alun itu tadi. Desainnya sudah ada, sudah lama kita buat,” tambahnya.

Alun-alun tersebut juga dijadikan fasilitas untuk anak-anak kota Surabaya yang ingin latihan musik atau kegiatan seni lainnya. Tak hanya sebagai sarana latihan seni dan tempat hiburan saja, di alun-alun itu nantinya juga terdapat diorama tentang perjalanan Kota Surabaya dari masa ke masa.

“Ya nanti yang mau latihan disitu juga bisa, kan emang bisa digunakan untuk kegiatan kesenian juga untuk anak-anak. Dioramanya itu nanti di tempel di dinding alun-alun gitu,” tuturnya.

Rencananya pembuatan alun-alun tersebut sudah bisa mulai di garap pada tahun 2019 ini. Sementara ini, Gedung Balai Pemuda di sisi barat sudah dalam tahap finishing. Wali Kota perempuan pertama di Surabaya itu mengungkapkan, saat ini sedang dilakukan pembuatan saluran pembuangan air dan menata pedestrian yang bakal dilebarkan.

“Itu nanti di Balai Pemuda bakal ada air mancurnya, yang mengelilingi disisi pedestriannya itu. Tapi ngga tinggi kayak yang ditengah jalan itu,” tegasnya.

Perevitalisasian Gedung Balai Pemuda, dirinya telah menyiapkan perlengkap lainnya untuk mempercantik gedung kesenian tersebut. Gedung ini nantinya juga akan disediakan beberapa kelas kesenian seperti, ludruk, wayang orang, ketoprak, kesenian pahat, batik, dan masih banyak lainnya.  (gin/rud)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia