Rabu, 18 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo
Jadi 132.700 M2, Tampung 15,17 Juta Penumpang

Penumpang Membludak, Bandara Juanda Segera Perluas Terminal 1

28 Februari 2019, 07: 48: 28 WIB | editor : Wijayanto

RAMAI: Penumpang memadati area keberangkatan di Bandara Juanda Surabaya.

RAMAI: Penumpang memadati area keberangkatan di Bandara Juanda Surabaya. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SIDOARJO - Tahun ini, Bandara Internasional Juanda akan melakukan pengembangan Terminal 1 (T1). Dengan begitu, bandara yang berlokasi di Kecamatan Sedati ini bisa menampung sekitar 22 juta penumpang per tahun.

"Pengembangan T1 merupakan keniscayaan,” kata General Manager (GM) PT Angkasa Pura I Heru Prasetyo. Luas terminal 1 saat ini 62.700 meter persegi dengan jumlah penumpang yang sudah membludak mencapai 15,68 juta per tahun. “Sementara kapasitas ideal terminal hanya untuk 6 juta penumpang per tahun," kata Heru.

Menurut dia, perluasan T1 ini akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama, pembangunan terminal diperluas ke arah timur seluas 29 ribu meter persegi. Sehingga total luas menjadi 91.700 meter persegi, dengan kapasitas 8.77 juta penumpang per tahun. Sedangkan pengembangan tahap kedua, diperluas ke arah barat seluas 45.500 meter persegi.

GM PT Angkasa Pura I Heru Prasetyo

GM PT Angkasa Pura I Heru Prasetyo (DOK/RADAR SIDOARJO)

"Nanti secara keseluruhan kapasitas Terminal 1 Bandara Internasional Juanda akan menjadi 15,17 juta penumpang per tahun dengan luas 132.700 meter persegi," papar Heru.

Saat ini, Bandara Internasional Juanda memiliki tujuh taxiway yang dapat menampung tujuh pesawat Narrow Body dan tiga pesawat Wide Body. Heru berharap, perluasan terminal ini dapat meningkatkan jumlah penumpang yang menggunakan jasa Bandara Internasional Juanda. Heru juga berjanji akan terus membenahi beberapa fasilitas publik yang ada di dalam bandara.

"Semua ini untuk pelayanan kepada pengguna jasa transportasi udara agar lebih nyaman dan aman dalam melakukan aktivitas melalui Bandara Internasional Juanda," kata Heru. (far/rek)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia