Selasa, 17 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Beraksi Seorang Diri Nekat Rampas Tas Belasan Kali

27 Februari 2019, 15: 47: 45 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi

Ilustrasi (DOK/JPC)

Share this      

SURABAYA - Meski beraksi sendirian, M Amin, 30, hampir tak pernah gagal merampas tas atau handphone (HP) milik korbannya. Namun hari apes pria warga Jalan Genting Baru nomor 33, Surabaya usai beraksi di Jalan Pasar Besar Surabaya. Dia berhasi diringkus Polsek Bubutan. 

Penangkapan Teguh dilakukan pada Senin (25/2). Dia ditangkap saat berada tak jauh dari rumahnya. Polisi berhasil mengetahui identitasnya setelah meneriksa CCTV yang merekam aksi tersangka.Dari hasil rekaman itu,  polisi mendapatkan ciri-ciri dan nopol motor yang digunakan beraksi. Aksi Amin terlihat jelas setelah ia kedapatan merampas HP milik Rizki Yon di Jalan Pasar Besar. 

 Amin beraksi seorang diri. Dia berkeliling dengan mengendarai sepeda motor untuk mencari sasaran. Tergetnya adalah tas wanita yang dipangku atau diselempangkan di pundak dan juga pengendara yang main HP di jalan. 

"Setelah menemukan target, tersangka lantas membuntuti korban dan ketika di tempat yang aman, tersangka lantas menarik tas atau HP korban," ungkap Kapolsek Bubutan, AKP Harianto.

Setelah tas berhasil merampas Amin pun kabur. Kemudian, dia membongkar isi tas korban. Jika didapati uang, ia pun segera mengantonginya. Namun isi tas tersebut berisi HP, ia lantas menjualnya. "Tersangka biasa menjual HP dengan harga variatif, mulai dari harga Rp 500 hingga Rp 1 juta tergantung dari merk HP yang ia peroleh," terangnya. 

Untuk lokasi perampasan yang menjadi favoritnya menyebutkan beberapa lokasi diantranya di Jalan Prapen, Jalan Bubutan dan Jalan Arjuno serta bebarapa lokasi lain. Polisi menduga jika tersangka sudah melakukan aksinya belasan. "Kami masih lalukan penyelidikan," tandasnya. (yua/rtn)

(sb/yua/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia